Share

5 Makanan Penyebab BAB Berdarah, Hati-Hati Bisa Karena Kanker Juga!

Muhammad Sukardi, Okezone · Senin 03 Oktober 2022 14:32 WIB
https: img.okezone.com content 2022 10 03 298 2679607 5-makanan-penyebab-bab-berdarah-hati-hati-bisa-karena-kanker-juga-TNavVg7l0Q.jpg Ilustrasi BAB Berdarah. (Foto: Shutterstock)

ADA 5 makanan penyebab BAB berdarah perlu Anda ketahui. Terlebih jika Anda termasuk orang pemakan segala, khususnya makanan viral yang super duper pedas.

BAB berdarah bukan hal yang umum dan dianggap sepele. Ketika ini terjadi dan berulang, Anda harus segera mencari pertolongan medis. Kenapa konsumsi makanan tertentu bisa sebabkan BAB berdarah?

Pada beberapa orang, makanan tertentu dapat mengiritasi lapisan usus yang dapat menyebabkan BAB berdarah. Pada kasus lain, BAB berdarah bisa menjadi tanda kondisi kesehatan serius seperti kanker.

Nah, di artikel ini MNC Portal coba merangkum 5 makanan penyebab BAB berdarah. Dilansir dari berbagai sumber, Senin (3/10/2022), berikut ulasannya:

1. Susu dan produk dairy lainnya

Seseorang yang memiliki alergi susu dapat menyebabkan gatal-gatal, sakit perut, hingga ada darah di tinjanya terutama pada bayi. Bukan hanya minum susu, tapi semua produk mengandung susu perlu dihindari bagi mereka yang alergi susu.

2. Makanan pedas

Makanan pedas, makanan manis, berminyak, atau alkohol dapat memicu masalah IBD atau penyakit inflamasi usus. Penyakit ini mengakibatkan darah muncul di feses.

BAB Berdarah

3. Makanan terkontaminasi

Makanan terkontaminasi sebabkan keracunan. Makanan ini termasuk daging giling mentah, ayam mentah, kerang mentah, air kotor, makanan kaleng yang sudah kadaluarsa,, bahkan sandwich yang tidak dimasak.

Mengonsumsi makanan terkontaminasi sebabkan diare, mual-muntah, demam, hingga BAB berdarah.

4. Makanan manis

Siapa sangka kalau makanan manis bisa menyebabkan BAB berdarah? Tapi begitulah fakta. Makanan tinggi fruktosa dapat menyebabkan BAB berdarah, makanan ini seperti buah kalengan.

5. Makanan berwarna merah

Pada beberapa kasus, feses tampak merah bukan karena darah melainkan buah-buah seperti bit merah, bluberi, atau buah naga. Mengonsumsi buah-buahan ini membuat feses merah tampak seperti darah. Tapi tenang, buah ini aman.

Selain karena 5 makanan tersebut, BAB berdarah juga bisa disebabkan oleh penyakit tertentu seperti:

Baca Juga: Lifebuoy x MNC Peduli Ajak Masyarakat Berbagi Kebaikan dengan Donasi Rambut, Catat Tanggalnya!

6. Wasir

Wasir adalah pembengkakan pembuluh darah di sekitar anus. Wasir yang terkendali tidak menyebabkan masalah, tapi rasa tidak nyaman hingga BAB berdarah bisa terjadi akibat wasir.

7. Kanker

BAB berdarah bisa juga berarti gejala kanker usus besar. Gejala penyertanya antara lain penurunan berat badan, perubahan kebiasaan buang air kecil, hingga BAB yang terlalu keras.

Lantas, kapan seseorang harus mendatangi dokter pada kondisi BAB berdarah?

Dokter kesehatan usus dan anti-peradangan dr Johane M. Filemon, menjelaskan bahwa segera datangi dokter jika BAB berwarna hitam, merah segar, atau merah tua.

"Anda harus mencari pertolongan medis sesegera mungkin ketika tahu BAB berdarah yang mana itu belum pernah Anda alami sebelumnya, terutama jika disertai gejala lain seperti demam dan muntah-muntah," saran dr Filemon.

So, itu dia 5 makanan penyebab BAB berdarah yang harus Anda perhatikan. Kalau sekarang masih doyan makan seblak super pedas atau terlalu sering minum atau makan yang manis-manis, ada baiknya kurangi demi kesehatan tubuh Anda sendiri.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini