Share

12 Makanan Khas Indonesia yang Namanya Diulang-Ulang, Ada Fovirtmu?

Cita Zenitha, MNC Portal · Senin 03 Oktober 2022 14:21 WIB
https: img.okezone.com content 2022 10 03 298 2679667 12-makanan-khas-indonesia-yang-namanya-diulang-ulang-ada-fovirtmu-67hpNJY83Z.jpg 12 Makanan Khas Indonesia (Foto: Shutterstock)

ADA 12 makanan khas Indonesia yang namanya diulang-ulang akan dibahas pada artikel kali ini, ada favoritmu?

Indonesia terkenal dengan berbagai kuliner khas nikmat yang menggugah selera. Selain enak ada beberapa makanan yang terbilang cukup unik sebab makanan ini diberi nama berulang.

Tidak ada sejarah pasti yang menjelaskan mengapa beberapa makanan berikut diberi nama berulang. Namun diketahui penamaan ini didasari oleh etnis atau suku dimana makanan berasal.

Nah, berikut ini adalah 12 makanan khas Indonesia yang namanya diulang-ulang dirangkum dari berbagai sumber:

1. Otak-otak

Makanan Otak- otak

Otak-otak merupakan makanan olahan yang terbuat dari ikan tenggiri dan tepung yang dibungkus daun pisang. Kudapan ini banyak ditemui di setiap daerah. Apalagi, camilan ini paling enak ditambah dengan saus kacang

Baca Juga: Lifebuoy x MNC Peduli Ajak Masyarakat Berbagi Kebaikan dengan Donasi Rambut, Catat Tanggalnya!

2. Onde-onde

Onde-onde

Siapa yang tidak tahu onde-onde? Jajanan khas Indonesia berbentuk bulat ini sangat nikmat jika dinikmati hangat-hangat. Ketika menyantapnya, kita dapat merasakan nikmatnya kacang hijau dengan taburan wijen pada bagian luar.

3.Gore-gore

Jika berkunjung ke Sulawesi Tengah rasanya tidak afdol jika tidak mencoba gore-gore. Kuliner khas Sulawesi Tengah ini menawarkan kenikmatan menyantap olahan daging sapi dan ubi.

4.Bala-bala

Bala-bala merupakan gorengan yang terbuat dari potongan kol dan wortel bercampur dengan terigu. Bala-bala juga biasa disebut bakwan.

5.Ongol-ongol

Ongol-ongol sangat lezat jika dinikmati dengan parutan kelapa guruh. Sudah pernah mencobanya?

6. Untir-untir

Untir-untir merupakan salah satu jajanan Indonesia yang bentuknya sangat unik. Bentuk kue untir-untir mirip dengan rambut kepang.

7. Arem-arem

Sekilas mirip seperti lemper, hanya saja arem-arem berisikan oseng tempe atau sayuran. Arem-arem cocok disantap pada pagi hari sebagai sarapan.

8. Gado-gado

Gado-gado merupakan makanan khas Jakarta yang terdiri dari berbagai sayuran yang direbus. Sayuran itu dipadukan dengan irisan tahu, telur, dan lontong yang disirami bumbum kacang.

9. Pia-pia

Mirip seperti bala-bala, hanya saja pia-pia bercampur dengan udang. Pia-pia banyak ditemukan di Semarang.

10. Oseng-oseng

Selanjutnya ada oseng-oseng yang dapat dinikmati bersama nasi hangat. Kita dapat memilih isian oseng-oseng sesuka hati. Mulai dari oseng-oseng kacang panjang, oseng-oseng tempe dan lainnya.

11. Ting-ting

Jajan Indonesia satu ini terbuat dari gula merah, wijen dan kacang tanah. Ting-ting biasa juga dikenal dengan enting-enting. Camilan ini juga susah dicari dikarenakan sudah jarang orang membuatnya.

12. Kolang-kaling

Bulan ramadhan identik dengan berbagai macam olahan buah kolang-kaling. Selain dijadikan kolak, kolang-kaling bisa dijadikan sebagai manisan.

Demikian 12 makanan khas Indonesia yang namanya diulang-ulang. Makanan apa yang menjadi favoritmu?.

(RIN)

1
3

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini