Share

Mengenal Blue Cheese, Keju "Berjamur" Berharga Mahal dan Kaya Manfaat

Vivin Lizetha, Okezone · Senin 03 Oktober 2022 16:45 WIB
https: img.okezone.com content 2022 10 03 298 2679779 mengenal-blue-cheese-keju-berjamur-berharga-mahal-dan-kaya-manfaat-feZY6u47he.jpg Ilustrasi (Foto: La Frogmagerie)

BIASANYA makanan yang sudah berjamur, tidak baik untuk dikonsumsi. Karena mengandung bakteri jahat yang dapat membuat radang perut.

Namun berbeda dengan keju yang satu ini. Meski berjamur, ia masih kaya manfaat untuk kesehatan tubuh. Bahakan keju "jamuran" itu dijual dengan harga Rp 1,2 juta per kilonya.

 blue cheese

Dia adalah keju biru atau yang dikenal sebagai blue cheese. Keju ini cukup terkenal karena rasanya yang kuat dan warna biru totol-totol di sekitar warna putih yan mendominasi keju.

Cara membuatnya dengan menggunakan kultur jamur Penicillium roqueforti. Kultur ini tidak beracun dan aman untuk dikonsumsi manusia.

Keju biru merupakan makanan padat nutrisi yang mengandung berbagai vitamin, mineral, dan senyawa alami yang bermanfaat bagi kesehatan. Namun, orang harus mengonsumsi keju ini dalam jumlah sedang karena kandungan lemak, kalori, dan natriumnya yang tinggi.

Dikutip dari medicalnewstoday, Senin (3/10/2022), ada beberapa manfaat yang diberikan keju unik ini bagi kesehatan tubuh manusia. Berikut Okezone merangkumnya untuk Anda.

1. Kesehatan tulang

Kalsium yang terkandung dalam keju ini tinggi. Yaitu sekitar 150 mg dalam 100 gram keju biru. Ini tentu sangat baik untuk kebutuhan tulang.

2. Kesehatan gigi

Kalsium juga penting untuk membentuk email gigi, yang merupakan permukaan luar gigi yang keras. Enamel membantu melindungi bagian gigi yang lebih rentan dan melindunginya dari suhu yang sangat panas atau dingin. Dibandingkan dengan keju lainnya, keju biru sangat tinggi kalsium.

Baca Juga: Lifebuoy x MNC Peduli Ajak Masyarakat Berbagi Kebaikan dengan Donasi Rambut, Catat Tanggalnya!

3. Menjaga kekebalan tubuh

Keju biru kaya akan vitamin dan mineral yang membantu menjaga fungsi sistem kekebalan tubuh yang tepat. Seperti vitamin A, vitamin D, Kalium dan zinc.

4. Kesehatan jantung

Keju biru mengandung zat yang disebut spermidine. Sebuah studi tahun 2016 menemukan bahwa memberi makan tikus dan tikus spermidine dikaitkan dengan peningkatan kesehatan jantung dan peningkatan umur panjang. Studi yang sama menemukan bahwa manusia yang dilaporkan mengonsumsi diet spermidine tingkat tinggi juga mengalami penurunan tekanan darah dan insiden penyakit kardiovaskular yang lebih rendah.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini