Share

7 Mitos Payudara Dipercaya Kaum Perempuan, Ada yang Disukai Pria

Rina Anggraeni, Okezone · Senin 03 Oktober 2022 11:28 WIB
https: img.okezone.com content 2022 10 03 611 2679495 7-mitos-payudara-dipercaya-kaum-perempuan-ada-yang-disukai-pria-cCXFsMfSoR.jpg Ilustrasi (Foto: Boldsky)

7 mitos payudara yang dipercaya kaum perempuan menarik diulas. Beberapa mitos ini terkadang seperti nyata dan hampir mendekati fakta pada kesehatan.

Berikut 7 mitos payudara yang dipercaya kaum perempuan dirangkum dari berbagai sumber:

1. Mengenakan Bra Saat Tidur Cegah Kekenduran

Payudara

Salah. Mengapa dikatakan salah? Bra memang dapat mempertahankan bentuk payudara Anda, namun memakai bra saat tidur tidak dapat mencegah kendurnya payudara. Faktanya, peneliti di Perancis menemukan bahwa, menggunakan sport bra saat berolahraga justru membuat payudara mudah kendur, karena saat berolahraga payudara naik turun dan terlalu banyak guncangan.

Baca Juga: Lifebuoy x MNC Peduli Ajak Masyarakat Berbagi Kebaikan dengan Donasi Rambut, Catat Tanggalnya!

2. Pushup dapat kencangkan payudara

Salah. Semua gerakan push up tidak dapat mengurangi resiko kendur payudara. Hal ini dikarenakan payudara terdiri dari lemak bukan otot sehingga, secara teknis lemak tidak dapat kencang saat olahraga.

3. Menyusui dapat kendurkan payudara

Ini adalah mitos belaka. Sebuah studi dilakukan pada tahun 2008 dan menyimpulkan bahwa menyusui bukan merupakan faktor risiko payudara kendur. Faktanya adalah kehamilan yang membuat payudara menjadi kendur, karena berat badan yang bertambah saat mengandung membuat ligament merenggang.

4.Merokok dan berjemur di bawah matahari kendurkan payudara

Merokok dan berjemur di bawah matahari benar dapat mengendurkan payudara Anda. Menurut penelitian pada tahun 2008, kebiasaan gaya hidup yang buruk dapat memecah kolagen seperti terbakar sinar UV kulit atau konsumsi makanan yang kaya akan lemak.

5. Pakai Bra Tidur Sebabkan  Kanker

Mitos pakai bra dan risiko kanker payudara pertama kali dicetuskan pada tahun 1995 dari buku “Dressed to Kil” karya Sydney Ross Singer dan Soma Grismaijer. Penulis buku tersebut mengklaim bahwa penggunaan bra dengan kawat selama 12 jam setiap harinya dapat meningkatkan risiko kanker. Ini karena bra dianggap dapat menyumbat sistem aliran limfatik dan menyebabkan penumpukan toksin pada payudara.

Namun, the American Cancer Society membantah mitos ini dan menyebutkan bahwa tidak ada bukti ilmiah bahwa penekanan kelenjar getah bening oleh bra dapat menyebabkan terjadinya keganasan di payudara.Faktanya, seperti dilansir dari Klikdokter, cairan limfa akan berjalan melalui kelenjar getah bening di ketiak, bukan di area bawah payudara tempat kawat bra berada. Hal ini diperkuat oleh penelitian yang dipublikasikan di jurnal Cancer Epidemiology, Biomarkers & Prevention pada tahun 2014.

Penelitian yang melibatkan lebih dari 1.000 wanita dengan kanker payudara tersebut melaporkan bahwa tidak ada hubungan antara tidur pakai bra selama berjam-jam dengan peningkatan risiko kanker.

6. Pria Lebih Suka Payudara Besar

Sebagian memang benar namun  ada lebih menyukai perempuan dengan payudara yang kecil. Well, masing-masing lelaki memiliki selera berbeda jika berhubungan dengan bentuk tubuh perempuan.

7. Ukuran Payudara Permanen

Ukuran payudara dapat berubah karena pengaruh dari perubahan berat badan. Namun perubahan hormon pada tubuh seperti saat menopause, juga memberikan efek pada volume, berat, dan bentuk dadamu.

(RIN)

1
3

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini