Share

4 Cara Jaga Kebersihan Kuku di Musim Hujan yang Rawan Bakteri dan Virus

Pradita Ananda, Okezone · Senin 03 Oktober 2022 12:44 WIB
https: img.okezone.com content 2022 10 03 611 2679565 4-cara-jaga-kebersihan-kuku-di-musim-hujan-yang-rawan-bakteri-dan-virus-IuVuRvdgbJ.JPG Jaga kebersihan kuku di musim hujan, (Foto: Freepik)

MUSIM hujan seperti belakangan ini memang memberikan udara dan cuaca yang lebih sejuk daripada musim panas yang terik.

Namun, musim hujan bukan hanya memberikan udara yang lebih sejuk tapi juga membawa banyak infeksi bakteri dan virus termasuk untuk kuku.

Ya, kuku memang bisa menjadi media untuk masuknya berbagai bakteri dan virus berbahaya berkembang selama musim hujan, yang bisa mengancam kesehatan. Makanya menjaga kuku untuk selalu bersih dan terawat jadi sangat penting.

Bagaimana caranya? Mewarta Timesofindia, Senin (3/10/2022) ini dia ulasan singkat empat cara menjaga kebersihan kuku di musim hujan.

1. Memotong kuku: Sebagian orang tidak terbiasa memotong kuku secara teratur, tetapi selama musim hujan, Anda harus sering memotongnya agar tidak ada kuman yang menumpuk di bawah kuku. Sebab, kelembapan bikin kuku menjadi lunak dan mudah patah, selalu baik untuk membuatnya tetap pendek.

Baca Juga: Lifebuoy x MNC Peduli Ajak Masyarakat Berbagi Kebaikan dengan Donasi Rambut, Catat Tanggalnya!

2. Jaga kuku agar tetap kering: Kenapa penting? Sebab kelembapan menghasilkan lebih banyak keringat di tangan dan kaki, selalu cuci dan keringkan tangan dan kaki dengan baik untuk menghilangkan semua kuman. Hindari memakai sepatu kulit tertutup, pilih alas kaki terbuka atau bertali karena sepatu kulit tertutup dapat menyebabkan infeksi jamur. Sebaiknya gunakan bedak antijamur sebelum memakai kaus kaki dan sepatu untuk menghindari segala jenis infeksi kulit.

3. Hindari pakai kuteks: Banyak wanita suka mengaplikasikan warna cat kuku yang berbeda, tetapi disarankan untuk menghindari pakai kuteks selama musim hujan dan biarkan kuku agar bisa bernafas. Jika tidak bisa kalau tak pakai kuteks, sebaiknya pilihlah cat kuku yang bebas paraben dan penghapus cat kuku yang mengandung vitamin A, C, dan E esensial yang mengatasi masalah kuku dan kutikula.

4. Rendam kuku: Tahukah Anda, ternyata sangat penting untuk merendam tangan dan kaki dalam air panas yang diberi taburan garam dan sampo gentle selama musim hujan. Cara mudah ini bisa menghilangkan semua kuman dan kotoran dari kuku dan juga membunuh bakteri berbahaya loh! Merendam kuku juga membantu melembutkan kulit. Setelah direndam, jangan lupa dikeringkan sampai benar-benar kering ya!

 BACA JUGA:5 Inspirasi Warna Rambut ala Fuji, Wajib Coba!

BACA JUGA:7 Obat-obatan untuk Kutu Rambut, Kok Ada Obat Covid-19?

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini