Share

5 Dampak Negatif dari Obsesi Berlebihan pada Artis Idola, Bisa Picu Gangguan Jiwa

Destriana Indria Pamungkas, MNC Portal · Senin 03 Oktober 2022 11:10 WIB
https: img.okezone.com content 2022 10 03 612 2679476 5-dampak-negatif-dari-obsesi-berlebihan-pada-artis-idola-bisa-picu-gangguan-jiwa-lzC9AxFPxH.jpg Ilustrasi (Foto: R2rcompany)

5 dampak negatif dari obsesi berlebih pada artis idola menarik untuk dibahas. Obsesi yang berlebihan kepada artis idola secara psikologis disebut sebagai Celebrity Worship Syndrome (CWS).

Dilansir dari lama PsychCentral, CWS merupakan sebuah jenis hubungan parasosial yang terjadi ketika seseorang sangat tertarik dan terobsesi pada artis idolanya. Gangguan ini akan membuat penderitanya berperilaku obesesif, kompulsif, dan adiktif.

Lalu, apa dampaknya? Simak 5 dampak negatif dari obsesi berlebihan pada artis idola berikut ini:

1. Menyita Banyak Waktu

waktu

Obsesi yang berlebihan pada artis idola akan menyita banyak waktu karena penderita akan mendedikasikan waktunya untuk memantau artis idolanya. Mereka bisa saja berjam-jam menonton live streaming artis idolanya atau yang lebih parah membuntuti idolanya.

Baca Juga: Saatnya Anak Muda Bangkit Bersama untuk Indonesia Bersama Astra

Kondisi ini tentu akan menyebabkan mereka abai terhadap orang-orang di sekitarnya, seperti keluarga, teman, atau pacar. Tak jarang kondisi ini membuat orang yang terobsesi tak memiliki teman di dunia nyata. 

2. Ganggu Kesehatan Mental

Salah satu kesejahteraan diri yang bisa saja terganggu karena terlalu terobsesi pada artis idola adalah terus menerus membandingkan diri dengan artis idolanya. Mereka biasanya akan berusaha menyamakan diri dengan idolanya. 

Tak sedikit dari pengidap CWS yang berakhir dengan melakukan tindakan medis agar terlihat mirip dengan artis idolanya atau membeli produk-produk yang bekraitan dengan artis idola. Kondisi ini tentu bisa menjalar ke berbagai hal lain, seperti kesulitan keuangan karena pembelian yang tak terkontrol demi memuja artis idolanya. Atau menjadi gila karena tidak bisa melakukan apa-apa 

3. Melakukan Tindakan yang Nekat

Tak sedikit para penggemar melakukan tidakan nekat dan di luar batas hanya untuk memenuhi obsesinya. Tindakan-tindakan yang mereka lakukan tidak hanya merugikan diri sendiri, namun juga merugikan orang lain, termasuk artis idolanya. 

Di Korea Selatan bahkan ada julukan tersendiri bagi penggemar yang sangat terobsesi pada artis idolanya, yaitu ‘sesaeng’. Mereka biasanya menguntit, memasang kamera tersembunyi, meretas data pribadi, hingga menginap di depan apartemen idolanya. 

4 Cemburu Berlebihan

Penggemar yang fanatik dan sangat terobsesi kerap menunjukan cemburu yang irasional atau tidak masuk akal pada artis idolanya. Mereka terlalu terobsesi hingga masuk ke ranah privasi dan akan sangat cemburu ketika idolanya kencan dengan orang lain. 

Tindakan cemburunya tersebut biasanya akan disalurkan melalui sosial media dengan memberikan ujaran kebencian. 

5. Membenarkan Semua Tentang Artis Idolanya

Para penggemar yang fanatik biasanya akan sangat menjaga nama baik artis idolanya. Tak jarang, mereka membenarkan semua tentang artis idolanya. Meski sebenarnya hal tersebut salah, mereka tidak pandang bulu. 

Demikian informasi mengenai 5 Dampak Negatif dari Obsesi Berlebihan pada Artis Idola. Mengidolakan artis tentu tidak salah, yang salah adalah saat Anda terlalu terobsesi dan merugikan diri sendiri serta orang lain. 

(RIN)

1
3

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini