Share

Mengacu pada Tragedi Kanjuruhan, Ini 5 Cara Menerima Kekalahan dalam Pertandingan

Vivin Lizetha, Okezone · Senin 03 Oktober 2022 13:45 WIB
https: img.okezone.com content 2022 10 03 612 2679590 mengacu-pada-tragedi-kanjuruhan-ini-5-cara-menerima-kekalahan-dalam-pertandingan-7Qoj96cIyQ.jpg Ilustrasi (Foto: Ist)

INDONESIA dibuat kaget dengan kerusuhan yang terjadi di Kanjuruhan, Sabtu (1/10/2022) malam lalu. 153 orang meregang nyawa akibat kepanikan yang ditimbulkan usai suporter mengamuk. Penyebab suporter ngamuk, karena tidak terima sang jagoan kalah.

Kejadian ini seharusnya menjadi pelajaran agar ke depannya tak terulang kembali. Perlu adanya rasa menerima kekalahan dalam sebuah pertandingan. Karena pasti akan ada yang menang dan kalah.

 tragedi kanjuruhan

Dikutip dari soulveda, Senin (3/10/2022), ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menerima kekalahan dengan anggun. Berikut ulasannya untuk Anda.

1. Bersabarlah

Kekalahan adalah bagian dari perjalanan yang disebut kehidupan. Namun, bagaimana Anda bereaksi ketika kalah menunjukkan orang seperti apa Anda. Bersikap ramah dalam kekalahan membutuhkan kekuatan karakter yang nyata dan latihan bersama. Jika Anda menghilang begitu saja, tidak mengatakan apa-apa, dan pergi setelah kehilangan, itu bisa membuat Anda terlihat seperti pecundang. Di sisi lain, jika Anda merasa dalam hati untuk memberi selamat kepada lawan Anda, Anda bisa pergi dengan kepala terangkat tinggi.

2. Kekalahan tidak permanen

Ketika Anda mengalami kemunduran, baik itu dalam kehidupan pribadi atau profesional Anda, jangan biarkan itu mendapatkan yang terbaik dari Anda. Ketahuilah bahwa kehilangan itu bersifat sementara. Jika Anda mengambil kesalahan kecil ini di jalan untuk sebuah kegagalan, kepercayaan diri Anda akan terpukul.

3. Analisis kinerja 

Meskipun menerima kekalahan dengan anggun adalah cara yang baik untuk melanjutkan, mengetahui mengapa Anda kalah dapat membantu Anda menyelesaikan masalah. Oleh karena itu, penting untuk menganalisis kinerja Anda selangkah demi selangkah dengan hati-hati.

Baca Juga: Lifebuoy x MNC Peduli Ajak Masyarakat Berbagi Kebaikan dengan Donasi Rambut, Catat Tanggalnya!

4. Kembali berjuang

Penyair Amerika George Edward Woodberry pernah berkata, “kekalahan bukanlah kegagalan terburuk. Tidak mencoba adalah kegagalan yang sebenarnya.” Satu-satunya saat Anda benar-benar kalah adalah ketika Anda berhenti mencoba. Ketika Anda kalah, mudah untuk merasa kehilangan motivasi dan kecewa. Inilah sebabnya, Anda harus tetap fokus pada target Anda, dan bangkit dan coba lagi. Semakin lama Anda menunda tugas, semakin Anda akan meragukan kemampuan Anda. Cara terbaik untuk mencapai kesuksesan dalam hidup adalah dengan tidak pernah menyerah.

5. Mengambil tindakan 

Untuk mencapai tujuan Anda, Anda harus bersedia mengubah pendekatan Anda. Melakukan hal yang sama berulang-ulang tidak akan pernah memberikan hasil yang diinginkan. Jadi, evaluasi kinerja Anda, buat rencana, dan ambil tindakan. Gunakan apa yang telah Anda pelajari dari kekalahan sebelumnya untuk meningkatkan diri Anda. Dengan cara ini, Anda tidak akan berkecil hati dengan kemunduran kecil dan kegagalan yang mungkin Anda hadapi dalam hidup.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini