Share

Selain Mempertinggi Badan, Ini Loh Manfaat Berenang untuk Anak-Anak

Martin Bagya Kertiyasa, Okezone · Senin 03 Oktober 2022 15:33 WIB
https: img.okezone.com content 2022 10 03 612 2679642 selain-mempertinggi-badan-ini-loh-manfaat-berenang-untuk-anak-anak-3CJysLhce8.jpg Ilustrasi Anak Berenang. (Foto: Shutterstock)

ANAK-ANAK memang harus melakukan aktivitas fisik agar energi mereka tersalurkan. Aktivitas ini juga sebagai bentuk proses tumbuh kembang, karena dapat melatih saraf motorik anak.

Tapi, banyak orangtua ingin anak mereka tidak hanya bermain-main saja, namun juga mendapat manfaat dari permainan tersebut. Nah, jika Anda adalah salah satu dari kelompok orangtua tersebut, kenapa tidak mengajak anak berenang?

Dokter anak dari RS Hermina Kemayoran dr. Reza Fahlevi, Sp.A. menjelaskan, ada beberapa manfaat berenang pada anak, di antaranya adalah untuk melatih motorik anak hingga menambah tinggi badan anak.

Anak Berenang

"Berenang termasuk ke dalam olahraga atau aktivitas fisik pada anak. Jadi manfaatnya banyak seperti untuk melatih motorik anak salah satunya. Kemudian juga menjaga kesehatan anak secara umum,” jelas Reza seperti dilansir dari Antara.

"Tinggi badan itu kan salah satunya dipengaruhi oleh faktor kesehatan anak secara umum ya. Artinya, gerakan fisik dan lain-lain. Jadi bisa secara tidak langsung menyebabkan anak tinggi dengan aktivitas fisik yang teratur,” tambahnya.

Tak hanya itu, Reza pun menjelaskan bahwa berenang juga dapat melatih keseimbangan pada anak, melatih pernapasan sehingga aman untuk anak-anak yang menderita penyakit asma. "Kemudian, anak-anak juga bisa jadi ceria dengan berenang. Oleh sebab itu, berenang bisa meningkatkan ikatan antara anak dengan orang tua. Itu juga penting,” katanya.

Baca Juga: Lifebuoy x MNC Peduli Ajak Masyarakat Berbagi Kebaikan dengan Donasi Rambut, Catat Tanggalnya!

Namun, anak usia di bawah satu tahun tidak direkomendasikan untuk berenang di kolam renang. Meskipun, di Indonesia belum ada rekomendasi khusus terkait usia yang tepat untuk batita berenang di kolam renang.

β€œTapi kalau dari AAP (American Academy of Pediatrics) dulu direkomendasikan anak itu berenang di kolam renang, bukan baby spa ya, itu di atas usia 4 tahun,” kata Reza.

Reza kemudian menjelaskan bahwa seiring dengan berkembangnya penelitian, banyak anak usia satu hingga empat tahun yang tenggelam di kolam renang karena belum bisa berenang. Oleh sebab itu rekomendasi AAP kemudian diubah.

Dia mengatakan, untuk bayi usia empat hingga enam bulan sudah direkomendasikan untuk berendam di kolam baby spa. Sebab menurut Reza, usia tersebut sudah memungkinkan bayi untuk mengangkat kepalanya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini