Share

Pandemi Buat Anak Sering Main Gadget, Yuk Periksa Mata Lebih Dini

Martin Bagya Kertiyasa, Okezone · Senin 03 Oktober 2022 17:05 WIB
https: img.okezone.com content 2022 10 03 612 2679768 pandemi-buat-anak-sering-main-gadget-yuk-periksa-mata-lebih-dini-wc9sKWarj8.jpg Ilustrasi Mata Anak. (Foto: Shutterstock)

SEMENJAK pandemi memang kita lebih sering berinteraksi dengan gadget untuk menghindari kontak fisik. Bukan hanya mereka yang bekerja, anak-anak pun juga lebih banyak berinteraksi lewat gadget.

Tentu saja, berinteraksi lewat gadget bisa mendatangkan efek samping, salah satunya adalah kondisi mata anak-anak. Blue light yang dipaparkan oleh gadget, memang bisa berdampak buruk pada mata kita, terutama pada anak-anak.

Dokter spesialis mata dr. Ratu Windi Meidiana, M.Ked (Oph), SpM menyarankan agar orangtua memeriksakan kesehatan mata anak-anak sejak dini. Dia mengatakan, hal itu dilakukan guna mencegah terjadinya kerusakan mata akibat paparan layar gawai mengingat tingginya intensitas interaksi anak-anak saat ini dengan gawai.

Mata Anak

"Makanya, penting untuk pengecekan mata sedini mungkin untuk mencegah terjadinya kerusakan mata, seperti myopia tinggi. Selain itu, orang tua dapat mengontrol agar anak tetap memiliki penglihatan sehat dan terhindar dari kelainan refraksi mata," kata dr. Ratu seperti dilansir dari Antara.

Dia berharap penambahan fasilitas pemeriksaan mata, semakin meningkatkan kepedulian terhadap kesehatan mata. Khususnya, orang tua dengan anak-anak yang tak lepas dari layar gawai.

Deputy Chief Executive Officer Kasoem Group Trista Mutia Kasoem mengatakan ada beberapa pemeriksaan mata seperti lapang pandang, kontra sensitivitas, binokuler, strabismus (mata juling), pemeriksaan buta warna, dan screening low vision serta pemeriksaan lensa kontak Rigid Gas Permeable (RGP). Dia pun berharap dengan menjaga kesehatan mata, maka ada peningkatan kualitas hidup masyarakat.

Baca Juga: Lifebuoy x MNC Peduli Ajak Masyarakat Berbagi Kebaikan dengan Donasi Rambut, Catat Tanggalnya!

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini