Share

7 Tradisi Unik Teh di Seluruh Dunia, Mana Paling Enak?

Rina Anggraeni, Okezone · Selasa 04 Oktober 2022 16:42 WIB
https: img.okezone.com content 2022 10 04 298 2680528 7-tradisi-unik-teh-di-seluruh-dunia-mana-paling-enak-LZv3vZbqXJ.jpg Ilustrasi Tradisi Minum Teh (Foto: Shutterstock)

7 tradisi unik teh di seluruh dunia menarik untuk diulas. Kebiasaan minum teh di setiap daerah memiliki perbedaan yang yang terlihat jelas. Hal ini bisa terlihat dari cara masyarakatnya menikmati segelas teh serta varian teh yang menjadi suguhan.

Di Asia khususnya di Jepang dan di China, orang menikmati teh dengan cara yang berbeda dengan di Eropa, seperti Inggris.

Teh

Berikut 7 tradisi unik teh di seluruh dunia dirangkum dari berbagai sumber:

1. Sambil Ngobrol (Jepang)

Di Jepang, masyarakatnya minum teh sambil ngobrol bersama keluarga. Pasalnya, Minum teh di Jepang sudah jadi budaya, orang-orangnya minum teh buat ngobrol sama keluarga.

Baca Juga: Lifebuoy x MNC Peduli Ajak Masyarakat Berbagi Kebaikan dengan Donasi Rambut, Catat Tanggalnya!

2. Patehan (Indonesia)

Tidak berbeda dengan Jepang, Indonesia juga ternyata memiliki tradisi serupa dalam menyesap minuman penimbul rileks ini. Apalagi mengingat Indonesia merupakan salah satu negara penghasil teh terbesar dan terbaik di dunia. Maka tidak heran jika tradisi minum teh di Indonesia menyebar ke berbagai daerah dengan cara yang berbeda-beda.

Tradisi Patehan tidak bisa dilakukan oleh siapa saja, hanya boleh dilakukan oleh Kerajaan Keraton. Nama “Patehan” itu sendiri diambil dari tempat tradisi ini dilakukan, yakni di Bangsal Patehan. Prosesi tradisi ini dilakukan oleh 5 perempuan dan 5 pria yang berpakaian adat Jawa dalam meracik dan menyajikan teh lengkap dengan makanan ringan yang dikhususkan untuk raja, keluarga, dan tamu keraton.

3. Chai- India 

India disebut menjadi negara dengan tingkat produksi sekaligus konsumsi teh lebih tinggi daripada negara manapun di dunia. Soal teh, Chai adalah minuman nasional di India dan disajikan di setiap sudut jalan, salah satu contohnya di stasiun kereta yang padat, di mana Anda dapat melihat orang-orang menjualnya setiap saat sepanjang hari siang dan malam. Jika Anda pernah diundang ke rumah orang India, persiapkan diri untuk meminum hidangan teh susu manis dengan sepercik rasa bumbu rempah. Saking pentingnya tradisi minum teh di India, India memiliki sebuah museum teh yakni Tea Museum di Munnar di mana para pengunjungnya bisa mengenal seputar produksi teh secara tradisional.

4. Minuman Teh Hijau (China)

Menurut legenda, teh pertama kali ditemukan oleh kaisar Cina Shennong pada 2737 SM (sebelum masehi), ketika daun mati dari semak teh jatuh ke dalam cangkir air panasnya. Hingga hari ini, teh dianggap salah satu dari tujuh kebutuhan Cina, dengan jenis teh hijau sebagai varietas yang paling populer.

5. Zavarkha ( Rusia)

Sekarang, orang-orang Rusia menikmati apa yang disebut dengan Zavarka, yakni ritual meminum teh yang sangat kuat, disiapkan dalam pot teh terpisah sehingga memungkinkan tuan rumah untuk melayani tamu dalam beberapa putaran. Teh di Rusia sendiri biasanya secara tradisional dibuat di Samovar, jenis guci yang digunakan untuk merebus air yang terdapat teko teh dengan konsentrat teh di bagian atas. Orang-orang Rusia menuangkan beberapa konsentrat tersebut ke dalam cangkir, lalu kemudian mengisi cangkir itu dengan air, tergantung seberapa kuat teh yang ingin diminum. Jika berkunjung ke Rusia, jangan pernah ragu untuk minum teh dengan sepotong kue, karena menikmati teh tanpa pendamping apapun alias 'naked" dianggap sebagai tindakan yang tidak sopan.

6. Maghreb (Maroko) 

Maroko memiliki tradisi minum teh yang dinamakan 'Maghreb'. Bagi yang sudah pernah mengunjungi Maroko, pasti akan paham betapa pentingnya minuman teh mint dalam budaya Afrika Utara. Campuran dari teh hijau dan daun mint, teh ini kemudian diberi tambahan gula sebagai perasa manis. Di tradisi 'Maghreb', teh akan dituangkan dari ketinggian ke dalam wadah gelas yang mungil. Di Maroko, jika menolak diberi minuman teh saat ditawari oleh tuan rumah dianggap sebagai hal yang kasar atau dengan kata lain tindakan yang sangat tidak sopan.

7. Teh susu boba (Taiwan)

Pada 1988, Lin Hsiu Hui, manajer pengembangan produk di kedai teh Chun Shui Tang, Taiwan, menjatuhkan beberapa bola tapioka dari fen yuan selama rapat. Tak selang berapa lama, kedai menjual kreasi unik ini hingga populer di seluruh negeri bahkan mancanegara.

Di Taiwan, kreasi teh ini disebut bubble tea. terbuat dari es teh baik teh hitam, teh hijau, teh melati atau teh oolong, ditambah susu bubuk dan sirup manis. Bubble alias gelembung berupa bola-bola mini dari tepung tapioka.

 (RIN)

1
3

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini