Share

Musim Pancaroba, Perlu Tetap Pakai Sunscreen atau Tidak?

Muhammad Sukardi, Okezone · Kamis 06 Oktober 2022 13:00 WIB
https: img.okezone.com content 2022 10 05 611 2681489 musim-pancaroba-perlu-tetap-pakai-sunscreen-atau-tidak-rJg20NtBMB.JPG pemakaian sunscreen, (Foto: Freepik)

MUSIM pancaroba seperti saat ini, cuaca tidak menentu dengan sinar matahari panas terik lalu tiba-tiba hujan lebat memang terkadang membuat banyak orang salah kaprah dan bingung.

Ya, salah satunya dilema terkait pemakaian sunscreen. Sebagian orang mungkin berpikiran, karena hujan atau mendung maka tidak perlu menggunakan sunscreen di dalam rumah atau pun saat beraktivitas di luar ruangan alias pergi keluar rumah.

Lantas, apakah di musim pancaroba pemakaian sunscreen tetap dibutuhkan? Dituturkan Abie Surya, Kiehl's National Field Coach, tabir surya tetap wajib dipakai karena musim pancaroba bukan berarti sinar matahari menjadi tidak ada.

“Contohnya lagi mendung, itu tetap ada loh sinar mataharinya. Makanya kulit tetap harus dijaga, jadi ketika musim pancaroba sekali pun, ya pemakaian sunscreen tetap diperlukan," ungkap Abie yang ditemui dalam gelaran Kiehl's Sustainable Boutique Central Park, Jakarta Barat baru-baru ini.

Bukan asal pakai sunscreen, tapi pemakaian sunscreen ini pun harus dengan metode yang tepat. Salah satunya, yakni tidak absen untuk re-apply sunscreen per 4 sampai 5 jam sekali.

Baca Juga: Lifebuoy x MNC Peduli Ajak Masyarakat Berbagi Kebaikan dengan Donasi Rambut, Catat Tanggalnya!

Jika cemas wajah berkeringat karena cuaca panas yang bisa membuat sunscreen jadi tidak melekat sempuna. Anda bisa melakukan tips simpel, yakni menepuk-nepuk lembut tisu kering di seluruh area wajah untuk menyerap keringat atau minyak terlebih dahulu, sebelum mengaplikasikan kembali sunscreen dengan lembut di wajah.

Bisa juga untuk cara yang lebih praktis, dengan memilih sunscreen model varian semprot.

"Kalau mau lebih gampang bisa pakai sunscreen yang spray. Jadi, re-apply sunscreen tetap jalan namun tidak buat wajah terasa tak nyaman. Kombinasi sunscreen krim di pagi hari misalnya, dengan spray untuk siang hari itu tidak masalah. Asal penggunaan jenis sunscreennya tepat, semua aman," jelas Abie.

 BACA JUGA:Bukan Asal Oles, Begini Cara Pakai Tabir Surya yang Benar!

BACA JUGA:Jangan Sampai Salah! Ini Cara Mencuci Muka yang Benar Sesuai Jenis Kulit

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini