Share

6 Makanan yang Aman Dikonsumsi saat Radang Tenggorokan

Gita Chaerani, Okezone · Kamis 06 Oktober 2022 17:08 WIB
https: img.okezone.com content 2022 10 06 298 2682048 6-makanan-yang-aman-dikonsumsi-saat-radang-tenggorokan-cgJ27LclpX.jpeg Sup Ayam (Foto: Cookpad)

KETIKA Anda merasa tidak enak badan, makan merupakan cara terbaik untuk membantu proses penyembuhan. Apalagi saat radang tenggorokan, makanan apapun akan terasa sakit dan susah untuk ditelan.

Tidak banyak yang bisa Anda lakukan kecuali tetap makan dengan tekstur lembut dan dingin yang bisa meredakan peradangan. Namun, apa saja makanannya?

Berikut Okezone sudah rangkumkan dari women’shealth, 6 makanan yang aman dikonsumsi saat radang tenggorokan, Kamis (6/10/2022).

1. Sup ayam

Sup Ayam

Sakit tenggorokan adalah akibat dari peradangan dan dehidrasi. Makanan kuah seperti kaldu dalam sup ayam akan memberikan cairan yang hilang dan garam untuk tubuh.

BACA JUGA : 7 Cara Mudah Mengobati Radang Tenggorokan

BACA JUGA : 8 Obat Herbal yang Ampuh Obati Radang Tenggorokan

2. Madu

Madu telah menjadi andalan dalam pengobatan sejak zaman kuno. Karena madu memiliki kandungan gula, tidak tepat jika dikonsumsi secara berlebihan.

3. Yogurt

Makanan ini merupakan sumber protein, karbohidrat, dan lemak sehat yang baik dan bermanfat untuk kekebalan tubuh. Salah satu ahli mengatakan bahwa terdapat hubungan antara konsumsi yogurt dan penurunan tingkat infeksi pernapasan dan sakit telinga.

4. Kentang tumbuk

Mengupas kulit kentang dan menumbuknya dapat memberikan kenyamanan saat mengonsumsinya. Pastikan kentang tidak terlalu panas saat dimakan karena bisa mengiritasi tenggorokan lebih jauh.

Baca Juga: Lifebuoy x MNC Peduli Ajak Masyarakat Berbagi Kebaikan dengan Donasi Rambut, Catat Tanggalnya!

5. Telur

Telur Orak-Arik

Telur memiliki tekstur yang tidak berbahaya apalagi dibuat dengan orak-arik. Telur juga kaya akan mineral seperti zink, zat besi, dan selenium yang dapat membantu menangkis infeksi jahat pada tenggorokan.

6. Jahe

Dalam penelitian di laboratorium, jahe diketahui memiliki sifat analgesic untuk pengurang rasa sakit. Kombinasi jahe dan madu juga terbukti lebih efektif dari pada mengonsumsi salah satunya.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini