Share

Nyaman di Ruangan Ber-AC, Hati-hati 5 Bahaya Ini!

Vivin Lizetha, Okezone · Kamis 06 Oktober 2022 20:45 WIB
https: img.okezone.com content 2022 10 06 612 2681975 nyaman-di-ruangan-ber-ac-hati-hati-5-bahaya-ini-kFo8AZ8q6i.jpg Ilustrasi (Foto: Ist)

TINGGAL di daerah tropis membuat pengguna Air Conditioner (AC) awam digunakan untuk membuat ruangan menjadi sejuk. Bahkan tak sedikit orang yang betah berlama-lama di ruangan ber-AC daripada terkena panas matahari.

Sekarang ini, AC dapat ditemukan di kantor, mobil, bahkan di rumah. Meskipun AC tampak seperti teman terbaik saat cuaca sedang panas, tapi tahukan Anda? AC dapat memiliki beberapa dampak negatif bagi kesehatan Anda.

 susah napas

Okezone merangkum dampat negatif dari terlalu lama di ruangan ber-Ac, dikutip dari idiva.com, Kamis (6/10/2022).

1. Masalah pernapasan

AC harus rutin dibersih secara berkala. Ventilasi dan filternya dapat menjadi sarang jamur, bakteri dan virus. Lama kelamaan akan menyebabkan masalah pernapasan dan kondisi kesehatan seperti pneumonia.

2. Sick building syndrome 

Beberapa orang mengalami sindrom ini dan membuatnya selalu pusing berada di ruangn ber-AC. Membuat tubuhnya tiba-tiba lelah. Namun itu hanya terjadi saat berada di gedung tersebut. Setelah keluar, tubuhnya menjadi normal.

3. Dapat terjangkit penyakit satu ruangan

Karena berada dalam satu ruangan ber-AC yang sama, sirkulasi udara hanya berputar di daerah itu saja. Membuat orang bisa saja terjangkit penyakit satu ruangan karena menghirup udara Ac yang sama setiap waktu.

Baca Juga: Lifebuoy x MNC Peduli Ajak Masyarakat Berbagi Kebaikan dengan Donasi Rambut, Catat Tanggalnya!

4. Kulit kusam dan kering

Kulit menjadi kering dan bersisik jika selalu berada di bawah AC. Karena ia tak diberi kesempatan untuk mengeluarkan cairan dari pori-porinya.

5. Iritasi mata 

Tak jarang, ruangan ber-AC juga menyebabkan mata menjadi perih dan merah. Karena menjadi kering terpapar udara AC. Apalagi bagi mereka yang menggunakan lensa kontak. Diwajibkan untuk rajin menjaga kelembaban pada lensa tersebut. Dikhawatirkan akan terjadi iritasi parah jika mengering.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini