Share

7 Makanan yang Direkomendasikan untuk Dikonsumsi Ibu Hamil Muda

Wulansari Listya, Okezone · Jum'at 07 Oktober 2022 05:21 WIB
https: img.okezone.com content 2022 10 07 298 2682301 7-makanan-yang-direkomendasikan-untuk-dikonsumsi-ibu-hamil-muda-UWj0hpVlZ9.jpg Makanan yang direkomendasikan untuk dikonsumsi ibu hamil muda (Foto: Timesofindia)

MASA kehamilan menjadi waktu yang penting untuk memperhatikan pola makan. Memakan makanan bergizi saat masa awal kehamilan juga penting untuk dilakukan agar nutrisi janin terpenuhi.

Mengingat saat hamil, sebagian besar wanita sering mengalami mual dan muntah jingga dapat mempengaruhi kesehatan tubuh. Upaya yang harus dilakukan adalah menyeimbangkan nutrisi dalam tubuh seperti vitamin dan mineral yang tepat.

Oleh karena itu, penting untuk mengetahui beberapa makanan yang baik dikonsumsi agar membantu pertumbuhan janin yang sehat. Berikut 7 makanan yang baik dikonsumsi oleh ibu hamil muda yang dirangkum dari healthline.com

1. Olahan susu

Ibu Hamil

Selama kehamilan, Anda perlu mengonsumsi protein dan kalsium untuk memenuhi kebutuhan si kecil yang sedang tumbuh. Olahan susu seperti susu, keju, dan yogurt cocok dikonsumsi oleh wanita hamil muda.

Olahan susu mengandung dua jenis protein berkualitas tinggi yaitu kasein dan whey. Susu juga terkenal dengan sumber kalsium makanan terbaik, yang mengandung fosfor, vitamin B, magnesium, dan seng dalam jumlah tinggi.

2. Kacang-kacangan

Kacang -kacangan adalah sumber serat, protein, zat besi, folat, dan kalsium nabati yang bagus dan sangat dibutuhkan selama kehamilan. Folat adalah salah satu vitamin B (B9) yang paling penting. Ini sangat penting bagi Anda dan bayi, terutama selama trimester pertama atau sebelumnya. Konsumsilah kacang-kacangan seperti kacang polong, buncis, kedelai, dan kacang tanah.

3. Ubi

Ubi ungu ternyata baik dikonsumsi untuk wanita hamil sebab memiliki kandungan nutrisi yang baik. Ubi ungu mengandung sumber beta karoten dan serat nabati yang cukup banyak. Serat membuat kenyang lebih lama, mengurangi lonjakan gula darah, dan meningkatkan kesehatan pencernaan. Ubi juga mengandung vitamin A yang penting untuk perkembangan janin.

4. Salmon

Salmon yang matang baik dikonsumsi oleh wanita hamil sebab kaya akan asam lemak omega 3 yang bermanfaat. Kandungan dalam salmon dapat membantu membangun otak dan mata janin. Namun penting diketahui untuk membatasi asupan makanan laut karena beberapa diantaranya mengandung merkuri.

Baca Juga: Lifebuoy x MNC Peduli Ajak Masyarakat Berbagi Kebaikan dengan Donasi Rambut, Catat Tanggalnya!

5. Telur

Telur

Telur adalah makanan yang direkomendasikan untuk wanita hamil muda karena memiliki nutrisi yang baik bagi tubuh. Telur memiliki sumber kolin yang cukup penting selama kehamilan. Nutrisi tersebut juga penting dalam perkembangan otak bayi dan membantu mencegah kelainan perkembangan.

6. Sayuran

Tidak mengherankan jika sayuran menjadi salah satu makanan yang direkomendasikan untuk wanita hamil. Sayuran seperti brokoli, kangkun, dan bayam mengandung banyak nutrisi yang diperlukan seperti vitamin C, vitamin K, vitamin A, kalsium, zat besi, folat, dan kalium.

7. Alpukat

Wanita hamil baik untuk mengkonsumsi alpukat sebab memiliki kandungan lemak sehat dan folat. Lemak sehat membantu membangun kulit, otak, dan jaringan janin, dan folat dapat membantu mencegah cacat tabung saraf, kelainan perkembangan otak dan tulang belakang seperti spina bifida.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini