Share

Daftar Minuman yang Menjadi Pantangan Penderita Kolesterol Tinggi

Wiwie Heriyani, MNC Portal · Jum'at 07 Oktober 2022 17:00 WIB
https: img.okezone.com content 2022 10 07 298 2682510 daftar-minuman-yang-menjadi-pantangan-penderita-kolesterol-tinggi-KdAQajTfDo.jpg Minuman yang menjadi pantangan penderita kolesterol (Foto: Timesofindia)

KADAR kolesterol tinggi dalam darah menjadi salah satu faktor risiko berbagai masalah kesehatan, termasuk penyakit jantung dan stroke.  Untuk itu, penderita kolesterol perlu mengatur pola makan mereka agar tetap terhindari dari masalah serius. 

Penyakit kolesterol tidak hanya dipicu oleh makanan tertentu saja. Nyatanya, terdapat beberapa minuman yang menjadi pantangan bagi penderita kolestrol tinggi. Apa saja itu? Berikut ulasannya, dikutip dari berbagai sumber, Jumat (7/10/2022).

1. Alkohol

Minuman Pantangan Penderita Kolesterol

Mengonsumsi minuman alkohol secara berlebihan tak hanya memicu penambahan berat badan. Pasalnya, jika Anda kelebihan berat badan, tingkat kolesterol jahat akan meningkat. Selain itu, kondisi ini juga menurunkan kadar kolesterol baik dalam tubuh Anda.

Agar terhindar dari risiko tersebut, pria sebaiknya untuk tidak mengonsumsi alkohol lebih dari 2 gelas dalam sehari. Sementara itu, wanita maksimal hanya boleh mengonsumsi alkohol sebanyak 1 gelas tiap harinya.

BACA JUGA : Mengandung Kolesterol, Hindari Santap 4 Bagian Tubuh Kambing Ini

BACA JUGA : 4 Menu Sarapan Rendah Kolesterol yang Sehat dan Mengenyangkan

2. Minuman manis

Tak hanya makanan yang digoreng dan berlemak, pengidap kolesterol tinggi sebaiknya juga mewaspadai minuman manis. Sebab, asupan gula dalam minuman manis diketahui juga bisa meningkatkan jumlah kolesterol di dalam darah.

Minuman manis yang mengandung gula, ternyata memiliki kandungan kalori yang berlebih. Kalori tersebut bisa berubah menjadi kolesterol trigliserida yang memicu meningkatnya kolesterol tidak sehat di dalam darah. Jika terus dikonsumsi dalam jumlah besar, minuman manis bisa menjadi ancaman bagi kesehatan.

Tak hanya bisa meningkatkan jumlah kolesterol. Mengonsumsi minuman manis secara berlebihan juga bisa meningkatkan risiko seseorang mengalami kelebihan berat badan alias obesitas serta penyakit diabetes. Kandungan gula dalam minuman manis adalah penyebab utama dari hal tersebut.

Agar terhindar dari penyakit kolesterol tinggi, obesitas juga diabetes, Anda sebaiknya tetap memantau jumlah asupan minuman manis dan gula.

Baca Juga: Lifebuoy x MNC Peduli Ajak Masyarakat Berbagi Kebaikan dengan Donasi Rambut, Catat Tanggalnya!

3. Kopi

Kopi

Bagi Anda pencinta minuman berkafein seperti kopi sebaiknya waspada. Kopi termasuk salah satu minuman yang membuat kadar kolesterol jahat meningkat.

Namun, tak semua kopi dikaitkan dengan peningkatan kadar kolesterol, karena tergantung pada bagaimana kopi diseduh. Senyawa penambah kolesterol ampuh yang disebut cafestol ditemukan di tingkat tertinggi dalam kopi tanpa filter dalam french press dan espresso. Dekafeinasi tidak mengurangi kolesterol, namun, senyawa tersebut dihilangkan dengan filter kertas kopi.

Peneliti dari Belanda dan Baylor College of Medicine di Texas dalam sebuah studi 2007 yang diterbitkan di Molecular Endocrinology menunjukkan bahwa cafestol meningkatkan kolesterol dengan mengganggu reseptor di saluran usus yang mengatur lipoprotein.*

4. Minuman olahan susu

Minuman dari olahan susu seperti milkshake memang memiliki rasa yang lezat dan dikenal sebagai produk minuman sehat. Pasalnya, susu dikenal karena kaya akan kandungan protein dan nutrisi yang sangat baik untuk pertumbuhan tubuh.

Namun, bukan berarti semua jenis susu boleh dikonsumsi. Dalam 1 cangkir susu sapi mengandung 24 mg kolesterol, 5 gr lemak jenuh dan 146 kalori. Dengan mengkonsumsi susu sapi tersebut dapat menyebabkan nilai kolesterol semakin tinggi.

Terlebih, jika dikonsumsi dengan cream yang mengandung lemak banyak, sudah pasti kandungan kolesterol pada minuman tersebut sangat bahaya. Maka bagi penderita kolesterol disarankan untuk mengonsumsi susu jenis lainnya

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini