Share

Kenali 3 Kurang yang Sebabkan Penuaan Dini

Martin Bagya Kertiyasa, Okezone · Jum'at 07 Oktober 2022 11:42 WIB
https: img.okezone.com content 2022 10 07 611 2682496 kenali-3-kurang-yang-sebabkan-penuaan-dini-U1EBSRB1wO.jpg Ilustrasi Penuaan Dini. (Foto: Shutterstock)

KETIKA umur kita bertambah, maka tubuh kita pun juga akan mengalami penuaan. Salah satu tanda penuaan yang dapat terlihat jelas adalah perubahan pada kulit kita.

Beberapa tanda penuaan yang umumnya muncul pada kulit kita adalah keriput, kehilangan elastisitas, flek atau tanda hitam di wajah, kering, kusam, hingga tak bercahaya. Meskipun mengalami penuaan, tapi tanda-tanda ini dapat dicegah dengan perawatan yang tepat.

Dokter sekaligus co-pendiri jenama About You, dr. Feidriwan, M. Biomed (AAM) mengatakan mulai umur 25 tahun ke atas, kulit akan melalui proses penuaan dan dari segi hormonal pun akan berubah.

Penuaan Dini

Ketebalan kulit akan menurun dengan ditandai oleh lapisan dermis dan epidermis yang mulai menipis. Hal itu membuat kadar air yang seharusnya ditahan di area dermis lebih gampang keluar ke permukaan kulit sehingga menyebabkan kulit lebih kering.

Menurutnya, proses penuaan ini juga dipengaruhi oleh berbagai faktor seperti radikal bebas karena sinar matahari dan polusi, kebiasaan merokok, minum alkohol, konsumsi makanan dan minuman tinggi gula. "Kurang tidur, kurang minum, kurang berolahraga, (juga) begadang dan stres," ujar dr. Feidriwan seperti dilansir dari Antara.

Dalam proses penuaan, terjadi penurunan kadar asam hyaluronat, yang fungsi melembabkan kulit serta membantu merangsang pertumbuhan kolagen untuk mengencangkan kulit. Secara alami, di dalam tubuh terdapat enzim yang berfungsi menghancurkan asam hyaluronat dalam tubuh atau disebut sebagai enzim hyaluronidase.

Baca Juga: Lifebuoy x MNC Peduli Ajak Masyarakat Berbagi Kebaikan dengan Donasi Rambut, Catat Tanggalnya!

Seiring berjalannya usia, kadar asam hyaluronat dan kadar enzim hyaluronidase berbanding terbalik, di mana kadar asam hyaluronat akan menurun sedangkan kadar enzim hyaluronidase meningkat. Hal itulah yang menyebabkan kulit orang dewasa cenderung kering, kusam dan membutuhkan produk perawatan yang bisa menutrisi dan mengembalikan kekenyalan serta elastisitas kulit.

Penggunaan produk perawatan wajah bisa menemani untuk mengurangi tanda-tanda penuaan dini. Serum yang ada dalam produk perawatan yang berbahan alami, aman, dan teruji klinis bisa menjadi investasi jangka panjang untuk kulit.

"Serum merupakan produk perawatan wajah yang paling cepat menyerap ke dalam kulit, karena kandungan bahan aktif yang diformulasikan sesuai dengan permasalahan kulit. Pemakaian serum efektif digunakan dua kali, pagi dan malam hari, dan hasilnya sudah bisa terlihat sejak minggu kedua hingga keempat setelah pemakaian rutin," kata dr. Feidriwan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini