Share

Hybrid Makeup Diyakini Bakal Jadi Tren Makeup ke Depan, Apa Itu?

Martin Bagya Kertiyasa, Okezone · Jum'at 07 Oktober 2022 14:25 WIB
https: img.okezone.com content 2022 10 07 611 2682556 hybrid-makeup-diyakini-bakal-jadi-tren-makeup-ke-depan-apa-itu-SBIPe8S5W8.jpg Ilustrasi Tren Makeup. (Foto: Shutterstock)

MESKIPUN angka positif Covid-19 mengalami penurunan, bukan berarti kita bisa abai dengan protokol kesehatan. Oleh karena itu, kita memang masih harus memakai masker di tempat umum, apalagi di angkutan umum massal.

Bagi banyak orang, apalagi perempuan, menggunakan masker berarti akan merusak skincare dan makeup yang mereka gunakan. Peneliti dari PT Paragon Technology and Innovation menjelaskan bahwa kosmetik dengan kemampuan transferproof dan maskerproof jadi produk yang paling banyak dicari masyarakat saat ini hingga tahun depan.

“Kalau kita berbicara tentang makeup, memang saat ini perkembangannya banyak produk dan inovasi baru di market. Baik dari segi packing maupun formula. Tapi kalau kita lihat sekitar 2 sampai 3 tahun terakhir, saat sedang masa pandemi, memang trennya kalau makeup saat ini itu transferproof dan maskerproof,” kata Bayu selaku peneliti di PT Paragon Technology and Innovation seperti dilansir dari Antara.

“Karena orang yang biasanya pakai masker, sehingga apa-apa yang ditaro di bibir, di wajah, sebisa mungkin nggak cemong-cemong ke maskernya. Sehingga klaim-klaim yang kita provide dan formula yang kita ciptakan lebih ke sana,” sambungnya.

Makeup

Kendati demikian, Bayu menjelaskan bahwa penggunaan produk yang maskerproof ada konsekuensinya. Sebab biasanya, produk kosmetik yang memiliki klaim maskerproof cenderung kering. Misalnya seperti lipstik transferproof yang dapat membuat bibir menjadi kering.

Oleh sebab itu, masalah tersebut pun membuat tren lain kembali muncul. Salah satunya hadirnya kosmetik hybrid dimana memiliki fungsi makeup dan skincare sekaligus dalam satu produk.

“Tapi ada konsekuensinya. Biasanya kalau pakai lipstik yang maskerproof itu cenderung dry atau kering. Sehingga tren itu juga muncul. Dari situ, mulai bermunculan lagi tren-tren makeup yang ke arah hybrid. Antara fungsi makeup dan skincarenya,” papar Bayu.

“Jadi mulai bermunculan demand-demand di mana makeup itu harus sudah mulai ada skincare benefit,” imbuhnya.

Baca Juga: Lifebuoy x MNC Peduli Ajak Masyarakat Berbagi Kebaikan dengan Donasi Rambut, Catat Tanggalnya!

Lebih lanjut, Bayu juga mengatakan bahwa transferproof makeup dan hybrid makeup masih akan menjadi tren. Akan tetapi, yang berbeda mungkin dari segi kandungan-kandungan di dalamnya.

“Menurut aku transfer makeup masih akan menjadi tren ya. Kemudian hybrid makeup juga akan tetap menjadi tren. Kalau sekarang mostly ke arah moisturizing ya. Siapa tahu nanti ke depannya butuh ke arah acne, makeup untuk sensitive skin. Mungkin akan ke arah sana,” ungkap Bayu.

Selain transferproof makeup dan hybrid makeup, produk kosmetik berkelanjutan atau sustainability juga akan menjadi tren di Indonesia. Sebab saat ini, tren di negara Eropa sudah mulai membuat produk kosmetik yang berkelanjutan. Sehingga, produk seperti ini pun dinilai juga akan masuk ke Indonesia.

“Kalau yang sekarang tren di negara Eropa dan sepertinya akan mulai terinternalisasi ke Indonesia, itu terkait tren sustainability. Jadi kita juga sedang membuat konsep untuk menciptakan produk yang sebisa mungkin komponen yang kita angkat sustainability,” pungkas Bayu.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini