Share

Jangan Dianggap Diabaikan, Punya Cita-Cita Itu Penting untuk Si Kecil

Muhammad Sukardi, Okezone · Jum'at 07 Oktober 2022 17:43 WIB
https: img.okezone.com content 2022 10 07 612 2682825 jangan-dianggap-diabaikan-punya-cita-cita-itu-penting-untuk-si-kecil-spDNK0JJ1Q.jpg Anak sedang bermain (Foto: ist)

PENTING bagi orangtua untuk mengenalkan konsep cita-cita ke anak. Sebab, punya cita-cita memberi manfaat yang baik bagi masa depan si kecil.

Dijelaskan Psikolog Mona Sugianto, memiliki cita-cita dalam hidup itu penting bagi anak. Si kecil jadi memiliki gambaran mengenai kehidupan masa depan yang ingin dijalani.

anak bermain

"Cita-cita itu memberikan gambaran tentang perwujudan akan seperti apa masa depan. Karena punya cita-cita, kita akan bergerak untuk mewujudkannya," kata Mona, dikutip MNC Portal dari laman Kemendikbud, Jumat (7/10/2022).

Selain itu, cita-cita mendorong si kecil untuk melakukan sesuatu yang ingin dicapai. Dengan kata lain, cita-cita itu menjadi motivasi si anak untuk selalu berjalan ke depan. Bahkan, memiliki cita-cita melatih daya juang dan fokus si kecil.

Tak hanya mengenalkan konsep cita-cita pada si kecil, mereka juga perlu dikenalkan dengan profesi orang dewasa, sehingga anak punya bayangan akan seperti apa dirinya di masa depan.

Di sisi lain, tidak bisa dipungkiri, banyak anak hanya mengenal profesi itu-itu saja. Kalau enggak dokter, ya pilot atau polisi. Padahal, ada banyak profesi di kehidupan ini.

Baca Juga: Lifebuoy x MNC Peduli Ajak Masyarakat Berbagi Kebaikan dengan Donasi Rambut, Catat Tanggalnya!

Itu yang coba disiasati Wensen School Indonesia dengan mengadakan field trip ke KidZania, Jakarta Selatan. Karyawisata semacam ini ternyata bisa menunjang pengetahuan dan pemahaman anak mengenai profesi di masa dewasa.

"Field trip adalah salah satu kegiatan yang bisa membuka pemahaman anak-anak tentang pekerjaan yang bisa mereka jadikan cita-cita," kata Meita Irianty, selaku Ketua Yayasan Wensen School, dalam keterangan resminya.

"Dengan kata lain, mengenalkan anak-anak akan profesi diharapkan bisa memberitahu si anak akan menjadi apa mereka kelak," tambah Kepala Sekolah Wensen School Indonesia, Thasya Anzania Maulana.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini