Share

Duh! Minuman Kopi dengan Kafein Bisa Picu Timbulnya Jerawat?

Pradita Ananda, Okezone · Senin 10 Oktober 2022 19:15 WIB
https: img.okezone.com content 2022 10 10 298 2684345 duh-minuman-kopi-dengan-kafein-bisa-picu-timbulnya-jerawat-MP8zQQ8Ehs.JPG minuman kopi dengan kafein picu jerawat, (Foto: Freepik)

BAGI sebagian besar orang minuman kopi adalah ‘bensin’ untuk beraktivitas sehari-hari. Banyak orang merasa lebih bisa berfungsi ketika sudah minum kopi dengan kandungan kafeinnya.

Kopi sendiri sarat dengan antioksidan, yang merupakan salah satu komponen utama untuk menjaga kulit bisa bebas dari radikal bebas. Namun di sisi lain, kafein memiliki dampak langsung pada hormon kortisol yang merupakan hormon pemicu stres.

Hormon kartisol ini juga disebutkan berkaitan dengan timbulnya jerawat di kulit. Sebab, jumlah kortisol yang berlebihan dalam tubuh, akan menghasilkan produksi sebum berlebih pada kulit. Sebum dan minyak menyumbat pori-pori lalu membentuk jerawat.

Maka sebagaimana dijelaskan, Arthi Raguram ahli kulit dan rambut dariDeyga Organics, minuman kopi yang bisa meningkatkan tingkat stres, dan pada akhirnya akan menambah produksi minyak pada kulit dan memicu hadirnya jerawat,  dikutip dari NDTV Food, Senin (10/10/2022).

Selain itu, minuman kopi dengan kafeinnya disebutkan bisa mengganggu siklus tidur dan tubuh akhirnya menjadi kurang tidur. Kurang tidur ini juga meningkatkan stres lalu mengakibatkan jerawat pada kulit.

Baca Juga: Meet Eat Inspire, Hypernet Technologies Tawarkan Solusi PowerEdge Gen 15 Server

Follow Berita Okezone di Google News

Dampak yang sama juga disebutkan untuk minuman kopi dengan susu. Kenapa susu dalam kopi bisa mengganggu kondisi kulit? Disebutkan lebih lanjut, karena susu mengandung asam laktat yang memiliki efek langsung pada kulit dan bisa menyebabkan jerawat.

Selain itu, susu memiliki kandungan insulin di dalamnya yang menambah produksi sebum pada kulit. Maka, risiko timbulnya jerawat menjadi lebih tinggi ketika sebum berlebih dan pori-pori tersumbat. Hal yang sama ketika minum kopi dengan menambahkan banyak gula ke kopi. Gula yang bertanggung jawab untuk melepaskan insulin ke dalam tubuh, dan saat ada peningkatan insulin dalam tubuh. Akhirnya berdampak pada produksi sebum yang menyumbat pori-pori dan akhirnya menyebabkan jerawat.

 BACA JUGA:Mengenal Kopi Stenophylla, Masa Depan Kopi yang Akan Gantian Robusta dan Arabica?

BACA JUGA:Kafein Terbukti Bisa Perpanjang Umur, Kalau Kopi Saset Bagaimana?

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini