Share

Menguncir Rambut, Gaya yang Bisa Sebabkan Kebotakan Dini

Martin Bagya Kertiyasa, Okezone · Senin 10 Oktober 2022 14:33 WIB
https: img.okezone.com content 2022 10 10 611 2684103 menguncir-rambut-gaya-yang-bisa-sebabkan-kebotakan-dini-vPWe099SPJ.jpg Ilustrasi Rambut Pria. (Foto: Freepik)

MEMILIKI rambut panjang memang bisa menjadi daya tarik tersendiri bagi para perempuan. Tapi, kini bukan hanya perempuan yang memanjangkan rambutnya, tapi juga para pria.

Tapi, berbeda dengan para perempuan, pria kebanyakan beraktivitas fisik yang membuat mereka mudah berkeringat. Akhirnya, mereka pun memilih untuk menguncir atau mengikat rambutnya agar tidak mengganggu kala beraktivitas.

Nah, jika Anda atau mungkin pasangan Anda adalah salah satu orang yang suka mengikat rambutnya, wajib waspada nih. Pasalnya, Dermatologist dan kreator konten dr. Danar W. Msc, SpDV menyebut mengikat rambut terlalu kencang karena dapat menyebabkan kemunduran garis rambut atau traction alopecia.

Kuncir Rambut

"Traction itu artinya ada gaya, alopecia itu kebotakan. Jadi artinya kebotakan yang disebabkan oleh gaya," jelas Danar seperti dilansir dari Antara.

Danar menjelaskan sejumlah penelitian pernah membuktikan kondisi ini, dimana garis rambut mengalami kemunduran akibat ikatan rambut yang terlalu kencang.

Sementara bagi mereka yang memakai hijab, Danar menyarankan agar mengikat rambut dengan tingkat kekencangan yang secukupnya saja. Selain itu, menarik rambut saat diikat agar menjadi lebih kencang pun sebaiknya dihindari.

"Mungkin sebelum dihijab, rambutnya mau diikat, ikatlah dengan tidak terlalu kencang, nggak perlu sampai ditarik banget rambutnya," kata Danar.

Baca Juga: Ikut Acara Offline BuddyKu Fest, Cara Jadi Content Creator Handal Zaman Now!

Baca Juga: Meet Eat Inspire, Hypernet Technologies Tawarkan Solusi PowerEdge Gen 15 Server

Follow Berita Okezone di Google News

Jika sudah terlanjut mengalami kemunduran garis rambut, Danar menjelaskan bahwa hal tersebut masih bisa diatasi selama folikel rambut masih ada di area tersebut. Namun, jika folikel rambut sudah tidak ada, maka kemunduran garis rambut itu pun akan menjadi permanen.

Bila kemunduran garis rambut sudah menjadi permanen, salah satu cara untuk memperbaikinya adakah dengan melakukan implan rambut, namun tindakan ini akan memakan biaya yang cukup mahal.

Terakhir, Danar juga mengatakan agar memilih jenis ikat rambut yang lembut dan jangan mengikat rambut dengan karet gelang biasa. "Intinya cara ikat rambut yang benar itu yang sedang-sedang saja. Tidak terlalu kencang dan tidak terlalu longgar. Lalu, hindari penggunaan karet yang terlalu erat," tutup Danar.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini