Share

Keramas Jangan Lebih dari 5 Menit Ya, Malah Buat Rambut Lepek

Martin Bagya Kertiyasa, Okezone · Senin 10 Oktober 2022 16:32 WIB
https: img.okezone.com content 2022 10 10 611 2684224 keramas-jangan-lebih-dari-5-menit-ya-malah-buat-rambut-lepek-94M0Izb0oD.jpg Ilustrasi Keramas. (Foto: Shutterstock)

KONDISI lingkungan serta kegiatan kita dalam sehari memang membuat rambut kita kerap kotor dan harus dibersihkan tiap hari. Pasalnya, ketika kulit kepala kotor maka akan menimbulkan rasa gatal yang tidak nyaman dan berujung pada ketombe.

Oleh karena itu, mencuci rambut atau yang biasa disebut sebagai keramas memang kerap dilakukan untuk mencegah kotoran. Pakar perawatan kulit PT Paragon Technology & Innovation, Meti Fatmawati, menyebut kegiatan keramas semestinya berlangsung 3-5 menit agar tidak terdapat sisa partikel yang menyebabkan kulit kepala gatal.

"Jika keramas terlalu lama, banyak partikel yang dapat mengendap di rambut. Jika partikel itu terlalu lama bertahan di rambut, justru rambut akan lepek," kata Meti seperti dilansir dari Antara.

Keramas

Meti juga menyarankan frekuensi keramas disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing rambut orang. Begitupula, pemijatan lembut untuk menguatkan akar rambut.

Pembilasan rambut, lanjut Meti, perlu dipastikan secara menyeluruh agar busa sampo tidak tertinggal di rambut. Busa sampo menyebabkan rambut lepek dan kulit kepala terasa gatal.

"Selepas keramas, pembilasan harus sempurna. Jadi, penyebab rambut lepek atau kadang ada putih-putih itu berasal dari residu atau busa sampo yang belum dibilas. Sisa busa itu menumpuk dan menyebabkan gatal," kata Meti.

"Kadang pakai sampo beberapa hari masih ada putih-putih. Itu belum tentu ketombe. Pembentukan ketombe enggak terjadi secara cepat. Jadi, pastikan busa ketika keramas tidak ada lagi di rambut," ujarnya.

Baca Juga: Ikut Acara Offline BuddyKu Fest, Cara Jadi Content Creator Handal Zaman Now!

Baca Juga: Meet Eat Inspire, Hypernet Technologies Tawarkan Solusi PowerEdge Gen 15 Server

Follow Berita Okezone di Google News

(mrt)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini