Share

Hari Anak Perempuan Sedunia, PBB Serukan Hidup Tanpa Kekerasan

Muhammad Sukardi, Okezone · Selasa 11 Oktober 2022 19:33 WIB
https: img.okezone.com content 2022 10 11 612 2685150 hari-anak-perempuan-sedunia-pbb-serukan-hidup-tanpa-kekerasan-76EMq7HP1k.jpg Ilustrasi Hari Anak Perempuan Sedunia. (Foto: Shutterstock)

HARI Anak Perempuan Sedunia memang diperingati setiap 11 Oktober mengikuti resolusi 66/170 Majelis Umum, Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) yang dikeluarkan pada 19 Desember 2011. Setahun kemudian, Hari Anak Perempuan Sedunia pun mulai dirayakan setiap tahunnya.

Hari Anak Perempuan Sedunia pun dimaksudkan untuk mengatasi tantangan yang dihadapi anak perempuan dan untuk mempromosikan pemberdayaan anak perempuan dan pemenuhan hak-hak merekam untuk mengakui hak-hak anak perempuan dan tantangan unik yang dihadapi anak perempuan di seluruh dunia.

PBB menjelaskan, anak perempuan di seluruh dunia terus menghadapi tantangan yang belum pernah terjadi sebelumnya untuk pendidikan mereka, kesehatan fisik dan mental mereka, dan perlindungan yang dibutuhkan untuk hidup tanpa kekerasan.

Anak Perempuan

"Anak perempuan penyandang cacat menghadapi hambatan tambahan untuk mengakses dukungan dan layanan," tulis PBB dalam situs resminya.

Hari Anak Perempuan Sedunia dinilai penting untuk meningkatkan kesadaran akan isu-isu yang dihadapi anak perempuan secara internasional, seperti pendidikan, gizi, pernikahan paksa anak, hak hukum, dan hak medis.

Baca Juga: Ikut Acara Offline BuddyKu Fest, Cara Jadi Content Creator Handal Zaman Now!

Baca Juga: Meet Eat Inspire, Hypernet Technologies Tawarkan Solusi PowerEdge Gen 15 Server

Follow Berita Okezone di Google News

Tema peringatan ini pun berubah setiap tahunnya, adapaun untuk 2022, Hari Anak Perempuan Sedunia mengusung tema: "Our time is now—our rights, our future" atau dalam terjemahan bebasnya adalah "Sekarang adalah waktunya, untuk hak kita dan masa depan Kita".

Hari Anak Perempuan Sedunia menyerukan tindakan dan mendesak orang untuk terlibat dengan berbagi cerita, blog, dan video tentang minat manusia, terkait isu ini.

PBB juga menyerukan kepada pejabat pemerintah, pembuat kebijakan, dan pemangku kepentingan untuk melakukan investasi yang lebih tepat sasaran yang mengatasi ketidaksetaraan yang dialami oleh anak perempuan, melibatkan wanita berpengaruh utama di seluruh industri untuk menjadi wajah perubahan dan memperkuat komitmen untuk meningkatkan kesadaran tentang dan mengatasi faktor-faktor yang menahan anak perempuan di industri.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini