Share

Ciri-Ciri Pria Terkena HIV yang Jarang Disadari

Vivin Lizetha, Okezone · Selasa 11 Oktober 2022 23:20 WIB
https: img.okezone.com content 2022 10 11 612 2685218 ciri-ciri-pria-terkena-hiv-yang-jarang-disadari-qRqVFenjW9.jpg Ciri-Ciri Pria Terkena HIV (Foto: Medicaldaily)

CIRI-ciri pria terkena HIV akan dibahas dalam artikel ini. Gejala HIV dapat saja berbeda-beda tiap orang. Hal ini karena tidak semua orang menunjukkan gejala yang sama satu lain jika terjangkit HIV.

Semua tergantung pada kemampuan tubuhnya menghadapi virus berbahaya tersebut. Selain itu, waktu terinfeksi juga mempengaruhi gejala pada tiap orang. Bagi yang baru terinfeksi, gejalanya cenderung lebih ringan. Berbeda dengan yang sudah lama terkena HIV, akan memberikan gejala yang lebih kompleks.

Meski begitu, terdapat beberapa gejala HIV yang spesifik terjadi pada pria. Dikutip dari webMD, Selasa (11/10/2022), berikut ciri-ciri pria yang terkena HIV: 

1. Tak bergairah berhubungan seks

Ciri-Ciri Pria Terkena HIV

(Ciri-Ciri Pria Terkena HIV, Foto: Medicaldaily)

Ini sering disebut sebagai hipogonadisme. Yaitu kondisi dimana testis tak menghasilkan hormon seks testosteron yang cukup untuk mendorong keinginan berhubungan seks. Kondisi ini nantinnya akan merambat kepada masalah disfungsi ereksi, depresi, kelelahan, infertilitas, berkurangnya pertumbuhan rambut pada tubuh dan wajah, hingga munculnya jaringan payudara.

2. Terdapat luka pada penis

Biasanya penderita HIV mudah terluka dan sukar untuk penyembuhan luka. Hal ini menyebabkan timbulnya borok pada mulut, kerongkongan, anus hingga penis.

BACA JUGA : Ciri-Ciri Wanita Bernafsu Tinggi, Bulu Lebat Salah Satunya?

3. Nyeri saat buang air kecil

Ini termasuk gejala infeksi menular seksual, seperti gonore atau klamidia. Selain itu, mungkin dapat berupa pembengkakan prostat yang disebut prostatitis. Tanda seorang pria terkena prostatitis, antara lain:

- Sakit saat ejakulasi

- Kencing lebih sering dari biasanya

- Kencing keruh atau berdarah

- Nyeri pada kandung kemih, testis, penis, atau area antara skrotum dan rektum

- Nyeri punggung bawah, perut , atau selangkangan

Baca Juga: Aksi Nyata 50 Tahun Hidupkan Inspirasi, Indomie Fasilitasi Perbaikan Sekolah untuk Negeri

Follow Berita Okezone di Google News

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini