Share

Air Hujan Bagus untuk Kulit dan Rambut, Mitos atau Fakta?

Vivin Lizetha, Okezone · Rabu 12 Oktober 2022 19:45 WIB
https: img.okezone.com content 2022 10 12 611 2685783 air-hujan-bagus-untuk-kulit-dan-rambut-mitos-atau-fakta-UI0UXveRU5.jpg Ilustrasi (Foto: Ist)

MUSIM hujan sudah tiba. Mitos mengenai air yang turun dari langit itu mulai bermunculan. Bahwa air hujan bagus dan murni karena langsung turun langit, sering menjadi pernyataan yang keluar saat membicarakan air hujan.

Namun benarkah air hujan adalah air murni dan bagus untuk tubuh manusia?

 mitos tentang air hujan

Dikutip dari pinkvilla.com, Rabu (12/10/2022), ternyata air hujan tak selamanya bersih. Hal ini karena udara saat ini sudah dipenuhi berbagai polutan dari emisi kendaraan, asap pabrik, gas anonim yang silih berganti mengotorinya.

Selain itu, air hujan mengandung sulfur dioksida dan nitrogen dioksida yang apabila digunakan untuk mandi, akan berbahaya untuk kulit dan rambut.

Menurut para ahli kulit, anggapan bahwa air hujan baik untuk kulit adalah mitos. Mandi air hujan hanya memberikan efek rileks saat tubuh terkena air yang jatuh. Namun jika didiamkan dan tidak kembali dibasuh, akan menyebabkan infeksi pada kulit.

Air hujan pun tak bagus untuk rambut. Air merusak kutikula yang terkandung pada batang rambut sehingga membuatnya kasar dan kering.

Air hujan juga mengandung pH yang tinggi. Hal ini bisa membuat luka bakar pada kulit kepala. Kemilau rambut pun juga bisa hilang jika terus menerus terkena air hujan.

Oleh karena itu, jika terkena air hujan, segera bilas sesaat sampai di rumah. Bersihkan dengan baik menggunakan sabun. Kemudian lakukan perawatan kulit dan rambut rutin untuk mengembalikan kelembaban dan kesehatan kulit serta rambut.

Baca Juga: Ikut Acara Offline BuddyKu Fest, Cara Jadi Content Creator Handal Zaman Now!

Baca Juga: Meet Eat Inspire, Hypernet Technologies Tawarkan Solusi PowerEdge Gen 15 Server

Follow Berita Okezone di Google News

(vvn)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini