Share

Awas! Ini 10 Kebiasaan yang Bisa Bikin Umur Jadi Pendek

Asthesia Dhea Cantika, MNC Portal · Rabu 12 Oktober 2022 14:36 WIB
https: img.okezone.com content 2022 10 12 612 2685564 awas-ini-10-kebiasaan-yang-bisa-bikin-umur-jadi-pendek-F4Psur1kZv.jpg Ilustrasi Kebiasaan yang Perpendek Umur. (Foto: Shutterstock)

INI 10 kebiasaan yang bisa bikin umur jadi pendek yang tak banyak orang tahu. Tanpa disadari setiap kebiasaan yang dilakukan memiliki dampak baik dan buruk bagi tubuh.

Jika kebiasaan tersebut dilakukan secara berlebihan dengan waktu yang cukup lama dapat mempengaruhi kesehatan. Bahkan kebiasaan-kebiasaan sepele dapat membuat umur menjadi lebih pendek.

Lantas, apa saja kebiasaan yang bisa bikin umur jadi pendek? Untuk mengetahuinya, simak penjelasan okezone berikut ini.

Terlalu sering begadang

Terlalu sering begadang di malam hari memungkinkan seseorang mengalami tekanan darah tinggi, penyakit jantung, diabetes, dan depresi. Selain itu, mungkin lebih sulit untuk belajar dan mengingat sesuatu. Jika kebiasaan ini dilakukan dalam waktu yang lama bahkan bertahun-tahun dapat menyebabkan umur menjadi pendek lantaran terkena komplikasi.

Mendengarkan musik terlalu keras

Telinga manusia hanya mampu mendengar bunyi dengan frekuensi 20 Hz hingga 20.000 Hz. Secara normal, intensitas yang bisa didengar manusia adalah 0 sampai 140 dB. Namun jika mendengarkan dengan suara yang keras dan lebih dari beberapa jam pada suatu waktu maka dapat mengakibatkan pendengaran terganggu. Bahkan sampai kehilangan pendengaran seiring bertambahnya usia jika sering berada di sekitar kebisingan.

Awet Muda

Menggunakan gawai sebelum tidur

“Cahaya biru” yang dipancarkan oleh perangkat elektronik seperti ponsel, komputer, dan TV dapat mengacaukan tidur. Jika terus-menerus melakukan kebiasaan ini dapat mempengaruhi kesehatan tubuh.

Sering menggigit kuku

Kebiasaan satu ini tanpa disadari kerap dilakukan oleh beberapa orang. Sering menggigit kuku dapat merusak gigi serta kulit di sekitar dasar kuku, yang dapat menyebabkan infeksi. Selain itu, juga kemungkinan lebih sering mengalami pilek dan penyakit lain ketika memasukkan jari-jari, yang kerap membawa kuman, ke dalam mulut.

Duduk terlalu lama

Kebiasaan yang kerap dilakukan oleh pegawai kantor ini ternyata dapat memperlambat metabolisme, yang berarti bisa menambah berat badan. Kebiasaan ini juga berkaitan dengan masalah kesehatan lainnya, termasuk penyakit jantung.

Terlalu banyak makan

Selain menambah berat badan, terlalu banyak makan juga dapat menyebabkan penyakit jantung, diabetes, dan tekanan darah tinggi. Tak hanya itu, juga meningkatkan peluang terkena jenis kanker tertentu.

Baca Juga: Ikut Acara Offline BuddyKu Fest, Cara Jadi Content Creator Handal Zaman Now!

Baca Juga: Meet Eat Inspire, Hypernet Technologies Tawarkan Solusi PowerEdge Gen 15 Server

Follow Berita Okezone di Google News

Makan terlalu cepat

Mengkonsumsi makanan terlalu cepat memberikan efek buruk bagi tubuh. Bukan hanya kerap merasa lapar, namun juga dapat mengalami tersedak yang jika pertolongan datang terlambat dapat menyebabkan kematian.

Terlalu banyak makan junk food

Makanan cepat saji atau junk food kerap menjadi masalah kesehatan utama. Sebab, dapat menyebabkan penyakit seperti obesitas, diabetes, dan penyakit jantung.

Banyak konsumsi alkohol

Alkohol jika dikonsumsi terlalu sering dapat menyebabkan penyakit ginjal, penyakit hati, masalah pencernaan, masalah jantung, kerusakan tulang, dan bahkan beberapa jenis kanker.

Terlalu sering menyendiri

Siapa sangka, orang yang sering menyendiri dapat mengalami tekanan darah tinggi, depresi, masalah otak (seperti Alzheimer), dan peradangan. Sebaiknya membuka relasi dan bersosialisasi dengan baik agar tak merasa sendiri.

Itulah 10 kebiasaan yang bisa bikin umur jadi pendek yang tak disadari banyak orang. Alangkah baiknya melakukan kebiasaan dengan batas wajar.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini