Share

6 Makanan Pantangan untuk Penderita Asam Urat, Tinggi Purin Picu Nyeri Kambuh!

Wulansari Listya, Okezone · Kamis 13 Oktober 2022 11:28 WIB
https: img.okezone.com content 2022 10 13 298 2686249 6-makanan-pantangan-untuk-penderita-asam-urat-tinggi-purin-picu-nyeri-kambuh-ndrhfT4TWr.jpeg Makanan pantangan untuk penderita asam urat (Foto: Inspiratedtaste)

ASAM urat adalah penyakit persendian yang menimbulkan rasa nyeri berkepanjangan. Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk menyembuhkan penyakit tersebut adalah dengan melakukan pola makan yang baik.

Penderita asam urat sebaiknya mengubah gaya hidup terutama pola makan agar penyakit tersebut tidak kambuh dan memburuk. Mengingat zat yang menyebabkan asam urat adalah purin, maka penderita asam urat disarankan untuk menghindari makanan yang mengandung zat tersebut.

Untuk memaksimalkan penyembuhan asam urat, sebaiknya mengetahui beberapa makanan pantangan asam urat yang mengandung banyak purin. Berikut 6 makanan pantangan untuk penderita asam urat yang dirangkum dari berbagai sumber, Kamis (13/10/2022). 

1. Bayam

Bayam

Meski bayam adalah sayuran hijau yang mengandung banyak nutrisi sehat, makanan ini termasuk tinggi purin. Bayam penting untuk dihindari oleh penderita asam lemak sebab mengandung 57 gram purin setiap 100 gram bayam menurut table makanan AcuMedico.

2. Jeroan

Makanan ini memang banyak ditemui di Indonesia, salah satunya dalam soto. Namun jeroan harus dihindari karena mengandung purin yang sangat tinggi. Yang termasuk dalam jeroan adalah usus, hati, limpa, otak, paru, jantung, dan ginjal.

BACA JUGA : 9 Jenis Kacang yang Aman untuk Penderita Asam Urat

3. Daging merah

Daging Merah

Sejumlah katogeri daging merah menjadi makanan pantangan asam urat karena dianggap mengandung zat purin yang tinggi. Daging merah seperti daging sapi, daging kerbau, daging kambing. daging domba, daging kuda, daging angsa, dan daging bebek sebaiknya jangan dikonsumsi untuk penderita asam urat.

4. Seafood

Makanan laut adalah salah satu penyebab asam urat karena mengandung purin. Makanan laut seperti udang, kepiting, remis, tiram, dan cumi-cumi mengandung purin yang tinggi. Hal ini juga berlaku pada seafood kalengan.

Baca Juga: Aksi Nyata 50 Tahun Hidupkan Inspirasi, Indomie Fasilitasi Perbaikan Sekolah untuk Negeri

Follow Berita Okezone di Google News

5. Gula

Gula Pasir

Gula sebaiknya dihindari oleh penderita asam lemak meski mengandung purin yang rendah. Konsumsi gula yang berlebihan juga tidak baik sebab mendatangkan banyak penyakit seperti diabetes, obesitas, dan memperburuk gejala asam urat.

6. Durian

Makanan yang banyak disenangi oleh warga Indonesia ini ternyata bisa memperburuk penyakit asam urat. Durian mengandung kolestrol yang sangat tinggi. Oleh karena itu sebaiknya hindari mengkonsumsi durian agar tidak terjadi komplikasi dari penyakit asam urat.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini