Share

Wajib Tahu! Ini 10 Hal yang Terjadi ketika Berhenti Berhubungan Seks

Adinda Fahrani, Jurnalis · Jum'at 14 Oktober 2022 03:31 WIB
https: img.okezone.com content 2022 10 13 612 2686674 wajib-tahu-ini-10-hal-yang-terjadi-ketika-berhenti-berhubungan-seks-fJXD72XccR.jpg Ilustrasi Berhubungan Badan. (Foto: Shutterstock)

BERHUBUNGAN badan antara suami dan istri dipercaya akan meningkatkan ikatan cinta dan memperkuat keintiman diantara keduanya. Berhubungan seks juga dapat membantu menjaga sistem kekebalan tubuh.

Lantas bagaimana jika seseorang tidak melakukan hubungan seks dalam kurun waktu yang lama? mungkin hal ini terjadi pada pasangan yang sedang mengalami masa-masa sulit, atau mungkin hanya kehidupan, anak-anak, atau pekerjaan yang menghalanginya.

Apa yang terjadi pada tubuh bila berhenti melakukan hubungan seks? Nah, untuk lebih jelasnya berikut 10 hal yang terjadi pada tubuh saat seseorang sudah lama tidak berhubungan seks, seperti yang dilansir dari laman Your Tango.

Lebih sering sakit

Dr. Cory B. Honickman, seorang pendidik seks mengatakan bahwa sistem kekebalan tubuh menjadi lebih lemah ketika kita tidak berhubungan seks secara teratur. Jika kamu ingin terhindar dari pilek dan flu, lakukan lebih banyak seks. Kedengarannya seperti proposisi tapi memang begitu kebenarannya.

Stres Meningkat

Seseorang bisa menjadi lebih cemas karena ada penurunan hormon baik yang dilepaskan. Tidak berhubungan seks akan memicu timbulnya stres. Penelitian menunjukkan bahwa, ketika seseorang memiliki kebiasaan seks mungkin akan lebih sulit menjaga tekanan darah dan menghadapi situasi yang memicu timbulnya stres.

Berhubungan Seks

Lebih sulit terangsang

Hal terburuknya, pria bisa mulai menderita disfungsi ereksi, khususnya ejakulasi dini ketika berpisah untuk waktu yang lama tanpa berhubungan seks. Temuan penelitian yang diterbitkan dalam American Journal of Medicine menunjukkan bahwa pria yang berhubungan seks kurang dari sekali dalam seminggu, memiliki risiko dua kali lebih besar mengalami disfungsi ereksi.

Mimpi Seks

Sisi positifnya, kamu mungkin mulai mengalami mimpi seks atau bahkan orgasme dalam tidur. Ini tidak sama dengan kesepakatan yang nyata, tapi itu sebagai pengganti yang bagus.

Libido Menurun

Salah satu bagian paling menarik dari apa yang terjadi pada tubuh ketika kamu berhenti berhubungan seks berarti berhenti mengidamnya. Dr. Honickman mengatakan bahwa kamu akan mulai menginginkan seks lebih sedikit, menunda atau menghindari aktivitas seks dalam periode waktu tertentu dapat mengubah libido.

Tergantung kesehatan dan usia, perubahan libido tersebut bisa naik dan turun! Saat tidak lagi melakukan seks, seseorang mungkin bisa merasa kurang berenergi, dengan penurunan vitalitas dan hasrat seks.

Baca Juga: Aksi Nyata 50 Tahun Hidupkan Inspirasi, Indomie Fasilitasi Perbaikan Sekolah untuk Negeri

Follow Berita Okezone di Google News

Tumbuh terpisah dari pasangan

Jika kamu menjalin hubungan, mungkin mulai merasa tidak aman tentang hubungan yang kamu miliki dengan pasanganmu. Untuk itu, orang lain akan menjadi lebih menarik bagi kamu. Anggap ini sebagai tanda bahwa kehidupan seks yang sehat itu penting.

Mudah Depresi

Kamu mungkin merasa kurang menarik dan lebih tertekan. Diyakini air mani memiliki banyak manfaat kesehatan, termasuk kualitas anti-depresan. Menariknya, penelitian menunjukkan wanita yang berhubungan seks dengan pasangan pria mereka tanpa menggunakan kondom melaporkan tingkat depresi dan upaya bunuh diri yang lebih rendah secara signifikan.

Risiko terkena kanker prostat meningkat

Ini lebih dari sekedar sistem kekebalan tubuh. Telah terbukti secara klinis bahwa risiko pria terkena kanker prostat meningkat jika dia tidak melakukan hubungan seks untuk jangka waktu yang lama. Itu tampaknya sangat tidak adil. Tidak ada orgasme dan kamu mungkin akan mati.

Dinding Bagina Lemah

Berhubungan seks bisa seperti latihan untuk otot Kegel kamu, yang memainkan peran penting tidak hanya dalam persalinan dan pemulihan persalinan, tetapi dalam kontrol kandung kemih sepanjang hidup. Jadi, jika kamu tidak berhubungan seks, penting untuk diingat untuk melakukan latihan Kegel setiap hari.

Risiko tertular IMS berkurang

Segala sesuatu pasti ada hikmahnya, seperti risiko kamu terkena infeksi saluran kemih (ISK) dan Infeksi Menular Seksual (IMS) juga menurun saat kamu berhenti berhubungan seks. Faktanya, satu penelitian menemukan bahwa frekuensi hubungan seksual ‘adalah prediktor terkuat dari infeksi saluran kemih berulang’ pada wanita.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini