Share

6 Makanan yang Baik Dikonsumsi untuk Jaga Kesehatan Ginjal

Gita Chaerani, Okezone · Jum'at 14 Oktober 2022 12:14 WIB
https: img.okezone.com content 2022 10 14 298 2686982 6-makanan-yang-baik-dikonsumsi-untuk-jaga-kesehatan-ginjal-aJGIF8DZS9.jpg Makanan yang Baik Dikonsumsi untuk Jaga Kesehatan Ginjal (Foto: Timesofindia)

PENYAKIT ginjal adalah masalah umum yang mempengaruhi sekitar 10% dari populasi dunia. Walaupun bentuk ginjal kecil, tetapi organ tersebut dapat melakukan banyak fungsi. Salah satunya adalah membantu menyeimbangkan cairan dalam tubuh dan memproduksi urin.

Gula darah yang tidak terkontrol dan tekanan darah tinggi menjadi salah satu penyebab kerusakan pembuluh darah di ginjal. Oleh karena itu, penderita ginjal perlu mengonsumsi makanan yang dapat membantu jaga kesehatan ginjal.

Apa saja? Berikut sudah Okezone rangkumkan dari healthline, Jumat (14/10/2022).

1. Blueberry

Blueberry

Buah ini dikemas dengan nutrisi dan menjadi salah satu sumber antioksidan terbaik yang bisa Anda makan. Secara khusus, buah beri manis yang mengandung antioksidan dapat melindungi dari penyakit jantung, kanker tertentu hingga ginjal.

2. Putih telur

Telur rebus

Meskipun kuning telur sangat bergizi, ternyata putih telur juga tak kalah karena memiliki kandungan fosfor tinggi. Selain itu, putih telur juga menyediakan sumber protein berkualitas tinggi yang ramah untuk ginjal.

3. Bawang putih

Bawang Putih

Orang dengan masalah ginjal disarankan untuk membatasi jumlah natrium dalam makanannya termasuk menambahkan garam. Bawang putih dapat menjadi alternative untuk menambah rasa pada masakan. Selain itu, bawang putih juga sumber vitamin C dan vitamin B6 yang mengandung senyawa belerang untuk anti-inflamasi.

4. Minyak zaitun

Minyak Zaitun

Minyak zaitun merupakan sumber lemak sehat dan bebas fosfor yang menjadikan pilihan tepat untuk penderita ginjal. Seringkali, orang dengan penyakit ginjal mengalami kesulitan menjaga berat badan dan mengonsumsi minyak zaitun menjadi penting.

Baca Juga: Ikut Acara Offline BuddyKu Fest, Cara Jadi Content Creator Handal Zaman Now!

Baca Juga: Meet Eat Inspire, Hypernet Technologies Tawarkan Solusi PowerEdge Gen 15 Server

Follow Berita Okezone di Google News

5. Ayam tanpa kulit

Ayam Tanpa Kulit

Makanan selanjutnya yang dapat membantu menjaga kesehatan ginjal adalah ayam tanpa kulit. Dada ayam tanpa kulit tentunya mengandung lebih sedikit fosfor, kalium, dan natrium daripada ayam biasa.

6. Paprika

Paprika

Paprika mengandung jumlah nutrisi yang mengesankan tetapi rendah potassium tidak seperti sayuran lainnya. Paprika yang berwarna cerah tentunya terdapat banyak vitamin C dan antioksidan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini