Share

Suplemen Herbal Terus Diuji untuk Bantu Pemenuhan Gizi Anak

Tim Okezone, Okezone · Jum'at 14 Oktober 2022 18:40 WIB
https: img.okezone.com content 2022 10 14 298 2687250 suplemen-herbal-terus-diuji-untuk-bantu-pemenuhan-gizi-anak-zoPZZaHoHG.jpg Suplemen herbal (Foto: Timesofindia)

SUPLEMEN dapat membantu pemenuhan gizi anak. Mahasiswa Program Studi Farmasi UAD Yogyakarta pun melakukan uji praklinis mengenakan produk suplemen herbal anak.

Suplemen mempunyai peran untuk memaksimalkan zat gizi yang dibutuhkan oleh anak. Misalnya ketika kebutuhan kalsium anak tidak bisa dipenuhi hanya dengan mengkonsumsi ikan.

Suplemen Herbal

Salah satu mahasiswa yang sekaligus orangtua, Belinda Ayu Maharani menuturkan, suplemen berperan untuk memenuhi kebutuhan kalsium harian anak. Oleh sebab itu, tak jarang orangtua menempatkan suplemen sebagai prioritas kedua setelah susu formula.

"Suplemen bisa memaksimalkan zat harian yang dibutuhkan anak. Contohnya saat anak makan lele yang hanya punya kalsium 200mg saja. Sedangkan anak membutuhkan lebih dari 300 mg kalsium. Maka suplemen membantu memenuhi kebutuhan kalsium harian yang tidak bisa dipenuhi dari lele tersebut," ujar Belinda dalam keterangannya.

Pemberian suplemen anak sebenarnya sudah dilakukan oleh orang tua sejak jaman dahulu. Namun faktor penting dalam memilih produk suplemen anak yaitu melihat kebutuhan anak itu sendiri.

Ketika anak susah makan, orangtua akan mencari suplemen yang meningkatkan nafsu makan. Misal orangtua akan mencekoki anak mereka dengan ramuan temulawak. Begitu pula dengan orangtua yang memilih suplemen otak agar meningkatkan daya ingat dan kecerdasan anak.

Generos bersama tim riset melakukan uji praklinik terhadap suplemen untuk melihat kandungan gizi apa yang baik untuk si kecil.

Salah satu tim riset Program Farmasi UAD, Faizlanna Sihan mengatakan, studi ini bertujuan untuk mengetahui fungsi anti inflamasi pada cairan suplemen. Saat ini proses penelitian sedang dalam masa percobaan awal atau pra pendahuluan.

Baca Juga: Ikut Acara Offline BuddyKu Fest, Cara Jadi Content Creator Handal Zaman Now!

Baca Juga: Meet Eat Inspire, Hypernet Technologies Tawarkan Solusi PowerEdge Gen 15 Server

Follow Berita Okezone di Google News

Terdapat 5 jenis tikus dengan jumlah total 50 ekor yang digunakan dalam penelitian ini.

โ€œSetelah melalui berbagai tahapan proses anti inflamasi ini, kita akan mengetahui seberapa jauh Generos mempunyai efek anti inflamasi khusus untuk tubuh anak."

"Kita juga bisa melihat jangka waktu yang dibutuhkan dalam proses menurunkan radang maupun pembengkakannya,โ€ ujar Faiz.

Faiz menjelaskan, anti-inflamasi sendiri merupakan salah satu senyawa aktif yang bermanfaat untuk meredakan radang atau bengkak pada tubuh. Sehingga dapat meredakan nyeri dan menurunkan demam.

Langkah uji praklinik ini juga menjadi sebuah langkah lanjutan dalam meyakinkan masyarakat terhadap produk suplemen anak. Bukan saja dari makanan, suplemen sebagai pelengkap gizi anak yang tak boleh dilewatkan.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini