Share

Survei Buktikan Orang Kota Malas Masak Sendiri di Rumah, Beda sama Wong Deso

Muhammad Sukardi, Okezone · Sabtu 15 Oktober 2022 20:34 WIB
https: img.okezone.com content 2022 10 15 612 2687748 survei-buktikan-orang-kota-malas-masak-sendiri-di-rumah-beda-sama-wong-deso-vU7GBG5Cpc.jpg Ilustrasi Masak. (Foto: Shutterstock)

MEREKA yang tinggal di kota sangat dimudahkan oleh teknologi. Sedang lapar? Tinggal pesan online. Kebiasaan ini yang membuat mereka lebih malas masak sendiri.

Padahal, dijelaskan CEO Cookpad Indonesia, Soegianto, memasak adalah bagian penting dari kemanusiaan. "Kita tumbuh melalui memasak, mulai dari mengolah bahan mentah hingga jadi hidangan yang dapat dimakan," katanya dalam keterangan resmi, Sabtu (15/10/2022).

Kebiasaan malas kaum kota ternyata berbeda dengan apa yang terjadi di pedesaan. Sebab, menurut survei Cookpad dan Gallup, orang desa masih sering dan menyukai masak sendiri di rumah. Beda sama orang kota yang cenderung malas.

Masak

Data survei tersebut menjelaskan bahwa di 2021, frekuensi rata-rata memasak untuk makan siang dan malam di daerah pedesaan yang masih banyak lahan pertanian adalah 3,9 masakan per minggu. Angka tersebut lebih tinggi 15% dari tahun 2018.

Nah, soal data orang kota vs orang desa, diketahui bahwa frekuensi memasak di wilayah pedesaan lebih tinggi 6% dibandingkan dengan orang yang tinggal atau dekat kota besar yang justru mengalami penurunan 10% di 2021.

Selain itu, menurut data Cookpad dan Gallup, di Indonesia frekuensi memasak mingguan suami meningkat, sedangkan istri malah turun, meski angka penurunannya sangat kecil. Perempuan memasak 10,1 makanan per minggu (makan siang dan malam) pada 2021, dibandingkan 10,4 makanan per minggu di 2018.

Baca Juga: Ikut Acara Offline BuddyKu Fest, Cara Jadi Content Creator Handal Zaman Now!

Baca Juga: Meet Eat Inspire, Hypernet Technologies Tawarkan Solusi PowerEdge Gen 15 Server

Follow Berita Okezone di Google News

Nah, untuk suami terjadi kenaikan dari 4 makanan per minggu (dengan perhitungan 2 makanan dalam 1 hari) naik sedikit dari 3,3 di 2018 menjadi 4,4 makanan per minggu di 2020.

Sayangnya, angka yang didapat Indonesia masih sangat kecil dibanding dengan Thailand Maupun Malaysia bahwa di Thailand, suami masak 7 makanan per minggu, sementara itu suami di Malaysia masak 6 makanan per minggu di 2021.

Di sisi lain, kebiasaan masak sendiri rumah bagi kelompok Gen Z memperlihatkan persentase yang meningkat. Ya, generasi Z lebih banyak yang masak sendiri, dibandingkan Milenial.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini