Share

8 Tips Keramas yang Benar Menurut Pakar Kecantikan!

Vivin Lizetha, Okezone · Minggu 16 Oktober 2022 22:00 WIB
https: img.okezone.com content 2022 10 16 611 2688042 8-tips-keramas-yang-benar-menurut-pakar-kecantikan-FSQkHP6tH1.jpg Ilustrasi (foto: istimewa)

Banyak orang yang tidak terlalu memperhatikan cara merawat rambut. Mulai dari hal sepele seperti keramas. Ada banyak cara keramas yang salah dilakukan seseorang. Dan kesalahan itu dilakukan setiap hari setiap keramas.

Berikut cara keramas yang benar menurut dokter spesialis kecantikan, dr. Findriliani Sanvira, dikutip dari akun Tiktok @dr.findrilianisanvira, Minggu (16/10/2022).

  keramas yang baik dan benar

1. Tidak membasahi rambut secara merata

Jika basahnya tidak merata, seseorang akan membutuhkan banyak sampo untuk menghasilkan busa dalam membersihkan rambut. Padahal menggunakan sampo secara berlebihan tidak baik. Karena akan menyebabkan ketombe dan rambut rontok.


2. Tidak meratakan sampo di tangan 

Meratakan sampo di tangan fungsinya untuk menghasilkan busa banyak sebelum diusapkan ke kepala. Jika tak digosokkan ke tangan, busa sampo akan sedikit. Dan kembali lagi Anda akan menggunakan sampo lebih banyak sehingga berbahaya untuk kulit kepala.

3. Jangan garuk kulit kepala 

Kulit kepala tidak boleh digaruk menggunakan kuku. Kalau kita menggaruk terlalu keras akan menjadi luka. Bakteri pada kuku akan masuk melalui luka tersebut. Cara yang benar adalah dipijat perlahan dan menyeluruh.

4. Jangan tambahi sampo untuk batang rambut

Tak perlu menambahkan sampo untuk batang rambut. Karena fungsi sampo hanya untuk kulit kepala. Cukup tunggu busa sampo turun ke bawah.

  

5.Jangan pakai air panas dan dingin

Jangan keramas pakai air panas karena akan merusak rambut. Karena 80 persen rambut terbuat dari protein dan akan mengeras jika terkena air panas. Menggunakan air terlalu dingin juga tak boleh karena dapat mengurangi efektivitas sampo dalam membasmi bakteri pada rambut. Gunakan air suhu ruangan atau kira-kira sekitar 24 derajat.

Follow Berita Okezone di Google News

6. Conditioner diusapkan di ujung rambut 

Biasanya orang menggunakan conditioner mulai dari kulit kepala. Namun ternyata hanya boleh digunakan pada batang dan ujung rambut saja. Karena kulit kepala sudah dibersihkan oleh sampo. COntioner lebih bermanfaat untuk batang dan ujung rambut.

  

7. Jangan dililit terlalu lama 

Tak jarang rambut yang basah dililitkan handuk agar cepat kering. Ini tidak boleh dilakukan karena membuat rambut lembab. Rambut lembab jika dibiarkan akan menumbuhkan mikroorganisme jahat yang membuat dermatitis dan bau apek.

8. Keringkan mulai dari kulit kepala ke ujung rambut

Jangan memulai pengeringan dari batang rambut, tapi bagian paling atas yaitu kulit kepala. Agar pengeringan merata gunakan hair dryer, namun jangan terlalu lama. Keringkan rambut dengan handuk terlebih dahulu. Bukan digosok handuk, tapi diremas agar rambut tidak kusut dan membuat dia patah.

1
2
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis Okezone.com tidak terlibat dalam materi konten ini.

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini