Share

5 Tips Menghindari Overthinking, Dicoba Yuk Bestie!

Dyah Ratna Meta Novia, Okezone · Minggu 16 Oktober 2022 17:15 WIB
https: img.okezone.com content 2022 10 16 612 2688062 5-tips-menghindari-overthinking-dicoba-yuk-bestie-0DNOSTpGIR.jpg Overthinking bikin stres (Foto: Adobe stock)

DALAM hidup pasti ada saja masalah yang bermunculan. Terkadang pikiran itu berlarut-larut dan tak mengenal waktu libur, hingga sampai bikin overthiking parah.

Namun sebaiknya Anda jangan terus overthinking. Terdapat beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk mengusir jauh-jauh pikiran buruk Anda. Selain untuk menenangkan hati, juga membuat pikiran Anda istirahat sejenak.

 overthink

Bagi kamu tak ingin terjebak dalam pikiran negatif terus, pakailah cara ini untuk belajar berpikir positif agar hidupmu lebih tenang. Dilansir dari Bustle, ini beberapa cara untuk membantumu memiliki pikiran positif.

1. Menemukan hal positif dalam dirimu sendiri

Sebuah penelitian menemukan bahwa afirmasi positif dapat membantu meningkatkan harga diri seseorang. Penelitian lain membuktikan kekuatan afirmasi yang bisa didapatkan menggunakan pemindaian otak. Caranya mudah, buatlah kata sandi untuk email, akun media sosial dengan kata-kata positif. Misalnya kamu memakai akun media sosial dengan nama perempuan cantik, maka itu akan meningkatkan harga dirimu dan merupakan afirmasi positif untukmu.

2. Mengubah pikiran negatif menjadi pikiran netral

Pikiran negatif terkadang bisa muncul karena mendengar pendapat orang lain atau melihat sebuah peristiwa. Cobalah melihat pendapat itu dari perspektif berbeda. Tidak perlu langsung berpikir positif, tapi minimal mencoba menetralkan isi pikiranmu sehingga perasaanmu biasa saja.

 BACA JUGA:7 Tanda Anak Kena Gangguan Kesehatan Mental, Daddy Harus Baca!

3. Menekan titik tertentu

Saat pikiran negatif tiba-tiba muncul, maka tekanlah titik tertentu pada tubuhmu, bisa juga di bagian kepala dengan pelan-pelan agar tak menyakitkan. Tekni ini merupakan Emotional Freedom Technique (EFT) yang fungsinya menekan emosi negatif dari pikiran. Pada dasarnya teknik ini menggunakan ujung jari untuk menekan titik-titik tertentu pada tubuh seperti bagian atas kepala sambil mengulangi kata-kata afirmasi positif. Teknik ini seperti pijat yang dicampur dengan beberapa psikoterapi.

Baca Juga: Ikut Acara Offline BuddyKu Fest, Cara Jadi Content Creator Handal Zaman Now!

Baca Juga: Meet Eat Inspire, Hypernet Technologies Tawarkan Solusi PowerEdge Gen 15 Server

Follow Berita Okezone di Google News

4. Memakai teknik mindbus

Teknik ini memposisikan pikiran ibarat seorang supir bus. Sedangkan pikiran negatif adalah penumpangnya. Sopir bus memiliki kekuasaan untuk menurunkan penumpang yang mengganggu dan tak disukainya. Terapkan dalam diri untuk membuang atau menghilangkan pikiran negatif dengan menganggapnya sebagai penumpang yang harus diturunkan.

5. Berhenti untuk melawannya

Saat kamu mengalami hari yang buruk seperti membuat kesalahan dalam bekerja dan dimarahi bosmu, ini akan membuatmu berpikir negatif. Daripada menolak kenyataan bahwa itu terjadi, maka lebih baik menerima bahwa kamu memang melakukan kesalahan. Lalu cobalah memaafkan dirimu sendiri. Sebab semakin dilawan pikiran negatif maka akan semakin negatif. Jadi terima saja, lalu memaafkan diri, dan move on.

1
2

Berita Terkait

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini