Share

Mengenal Dark Spot, Masalah Kulit yang Sebabkan Orang kurang Pede

Martin Bagya Kertiyasa, Okezone · Senin 17 Oktober 2022 13:37 WIB
https: img.okezone.com content 2022 10 17 298 2688644 mengenal-dark-spot-masalah-kulit-yang-sebabkan-orang-kurang-pede-hLh8AVou2X.jpg Ilustrasi Dark Spot. (Foto: Shutterstock)

KULIT wajah memang memiliki beberapa masalah, baik karena makeup, kotoran atau bahkan karena bawaan genetik. Kebanyakan dari kita memang lebih memilih menutupinya dengan makeup, agar tidak terlihat secara jelas.

Nah, salah satu masalah kulit yakni noda hitam, yang banyak dialami wanita dan dapat mengganggu penampilan serta menimbulkan rasa tidak percaya diri. Tak hanya yang berada di wajah, noda hitam atau dark spot sebenarnya memiliki banyak jenis.

Dokter Spesialis Penyakit Kulit dan Kelamin dari RS Mitra Keluarga Kelapa Gading dr. Imelda Pardede, menyebut dark spot bukan hanya ada di wajah, tapi juga bisa terjadi di bagian tubuh kita lainnya.

"Jadi ada yang bawaan, ada juga post inflammatory hyperpigmintation itu adalah bercak dark spot yang terjadi akibat setelah proses radang seperti habis luka, digigit nyamuk, jerawat, dan lain-lain,” kata dia seperti dilansir dari Antara.

Kulit Wajah

Tak hanya itu, Imelda juga menjelaskan bahwa dark spot juga bisa terjadi akibat penuaan, hormon, hingga karena paparan sinar matahari.

“Kemudian bisa juga terjadi dark spot karena penuaan. Makanya biasanya suka ada ibu atau tantenya yang timbul flek hitam, itu adalah faktor penuaan. Tapi bisa juga karena faktor hormonal, paparan sinar matahari dan banyak lagi,” jelasnya.

Menurut Imelda, daerah yang paling banyak dikomplain memiliki dark spot adalah wajah. Namun, dark spot juga bisa saja muncul pada area lain pada tubuh, misalnya lengan, punggung, dan lainnya.

Baca Juga: Ikut Acara Offline BuddyKu Fest, Cara Jadi Content Creator Handal Zaman Now!

Baca Juga: Meet Eat Inspire, Hypernet Technologies Tawarkan Solusi PowerEdge Gen 15 Server

Follow Berita Okezone di Google News

“Memang paling banyak yang dikomplain oleh pasien itu di area wajah. Itu yang paling kelihatan. Tapi, dark spot juga bisa terjadi di bagian tubuh mana pun,” ungkap Imelda.

Selain faktor-faktor yang telah disebutkan, menurut Imelda, faktor makanan juga berpengaruh terhadap timbulnya dark spot. Oleh sebab itu, sangat penting mencukupi kebutuhan vitamin dan antioksidan pada tubuh agar kulit tidak mudah timbul dark spot.

“Tentu ya. Semua yang terjadi di tubuh kita itu ada faktor utama dan faktor pendukungnya. Misal kalian punya jerawat, sembuh, nah proses penyembuhan ini kan akan jadi bercak kehitaman, bercak kehitamannya sebenarnya akan pulih,” papar Imelda.

“Nah pemulihannya itu yang akan dipengaruhi oleh kadar vitamin dan antioksidan dalam tubuh kamu cukup nggak? Gitu. Jadi kembali lagi, apa yang kita konsumsi dalam hidup kita juga bisa mempengaruhi ya,” pungkasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini