Share

Berapa Kalori Segelas Air Kelapa Muda?

Martin Bagya Kertiyasa, Okezone · Senin 17 Oktober 2022 14:31 WIB
https: img.okezone.com content 2022 10 17 298 2688702 berapa-kalori-segelas-air-kelapa-muda-untGQ7pmIw.jpg Ilustrasi Kelapa Muda. (Foto: Shutterstock)

KELAPA muda hijau memang terkenal memiliki banyak manfaat, apalagi air kelapa dapat menggantikan elektrolit tubuh yang hilang. Daripada meminum minuman ion atau jenis minuman energi dan minuman dengan pemanis buatan, minum kelapa pastinya lebih sehat.

Apalagi khasiat air kelapa sangat mantap untuk menjaga kesehatan. Tapi jenis air kelapa coklat dan kelapa hijau, kira-kira mana yang lebih sehat?

Medical Doctor dr Karin Wiradarma mengatakan, air kelapa muda hijau dianggap lebih sehat dari air kelapa tua coklat. Pada dasarnya, kelapa muda tersebut lebih mengandung banyak air dibandingkan daging kelapanya.

"Kalau kelapa coklat jumlah kadar airnya lebih sedikit dan kebanyakan daging kelapanya. Jadi lebih sehat minum kelapa hijau," ujarnya.

Dalam sehari, tambah dr Karin, seseorang disarankan untuk minum sebanyak 240 ml air kelapa atau setara satu gelas dengan jumlah 46 kalori.

Air Kelapa

Mengingat, air kelapa mengandung kalori, sehingga tidak boleh berlebihan. Berbeda halnya dengan air putih yang tidak mengandung kalori, tapi tetap sama-sama sehat. "Air kelapa enak dan menyegarkan, terdiri dari 95 persen air dan tidak ada lemaknya," imbuhnya.

Air kelapa juga menjadi sumber elektrolit alami yang tinggi dibandingkan minuman energi atau berlabel minuman ion. Tentu manfaatnya dapat menghidrasi tubuh, serta menggantikan cairannya yang hilang saat beraktivitas. Lebih dari itu, banyak sekali khasiat minum air kelapa muda hijau yang harus Anda ketahui.

Obat diare alami

Saat kondisi darurat, seperti sedang traveling lalu mendadak alami diare, minum air kelapa bisa menjadi obat alami. Air kelapa dipercaya sebagai minuman pengganti oralit, sekaligus dapat sembuhkan mual dan kembung yang membuat Anda tak nyaman.

Awet muda

Seseorang yang suka minum air kelapa cenderung tampak awet muda. Maka, wanita sangat disarankan untuk minum air kelapa hijau setiap hari agar kulitnya tetap kencang dan putih berkilau. Dengan demikian, Anda juga dapat mencegah penuaan dini yang sangat merugikan.

Baca Juga: Ikut Acara Offline BuddyKu Fest, Cara Jadi Content Creator Handal Zaman Now!

Baca Juga: Meet Eat Inspire, Hypernet Technologies Tawarkan Solusi PowerEdge Gen 15 Server

Follow Berita Okezone di Google News

Melancarkan pencernaan

Jika ingin terbebas dari rasa sembelit dan kembung, Anda juga dapat minum air kelapa. Air kelapa mengandung pencahar alami yang dapat melancarkan kerja usus. Bila rutin minum airnya setiap hari, Anda akan terbebas dari segala macam gangguan pencernaan yang sangat mengganggu.

Menghidrasi tubuh

Air kelapa sangat baik untuk menghidrasi tubuh, karena satu gelas air kelapa mengandung 46 kalori dan 9 gram karbohidrat, serta kandungan elektrolitnya lebih baik dari minuman yang lain. Saat mengakhiri waktu olahraga, Anda lebih baik minum air kelapa agar tubuh terhindar dari dehidrasi yang menyiksa.

Baik untuk diet

Keuntungan minum air kelapa yang rendah kalori dan rendah gula ini sangat baik diminum oleh orang yang sedang menurunkan berat badan. Begitu juga, minuman ini aman diminum oleh penderita diabetes yang dasarnya harus mengurangi minuman manis.

Aman untuk penderita hipertensi

Para penderita hipertensi juga boleh meneguk air kelapa di saat ingin melepas dahaga. Air kelapa rendah garam dan natrium, sehingga tak mengganggu metabolisme tubuh dan tak menyebabkan tekanan darahnya meningkat.

Kaya antioksidan

Minum air kelapa juga tak kalah baiknya dengan makan buah dan sayuran. Air kelapa juga merupakan sumber antioksidan yang baik untuk menangkal radikal bebas. Mengingat, di kota besar banyak polusi asap yang dapat berubah menjadi racun tubuh. Sehingga, Anda harus meminimalisir dengan cara minum air kelapa setiap hari.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini