Share

Bisa Jadi Tempat Kuman dan Bakteri, Ini 4 Tips Jaga Kebersihan Kuku di Musim Hujan

Pradita Ananda, Okezone · Selasa 18 Oktober 2022 13:30 WIB
https: img.okezone.com content 2022 10 17 611 2688946 bisa-jadi-tempat-kuman-dan-bakteri-ini-4-tips-jaga-kebersihan-kuku-di-musim-hujan-zZhelokYdv.JPG jaga kuku bersih di musim hujan, (Foto: Freepik)

KUKU kerap diabaikan oleh sebagian orang karena sering tak terlalu terlihat, atau bahkan tak dianggap terlalu penting kesehatannya.

Padahal, kebersihan dasar kuku sangat penting untuk dijaga. Terutama di musim hujan seperti sekarang, musim yang membawa banyak infeksi bakteri dan virus.

Jika kuku tidak bersih, kuku bisa jadi tempat alias media ideal untuk populasi kuman berbahaya berkembang selama musim hujan. Makanya kuku baik itu jari tangan atau jari kaki, harus dijaga kebersihannya dengan baik. Mewarta Timesofindia, Senin (17/10/2022) yuk intip empat tips sederhana dan tepat dalam menjaga kebersihan kuku di musim hujan.

1. Memotong kuku: Sebagian orang mungkin tak terbiasa memotong kuku secara teratur, tetapi selama musim hujan kita harus sering memotongnya. Tujuannya agar tidak ada kuman yang menumpuk di bawahnya. Selain itu, karena kelembapan bisa membuat kuku menjadi lunak dan mudah patah, lebih baik dibiarkan untuk tetap pendek.

2. Jaga kuku tetap kering: Sebaiknya pastikan selalu kuku tangan dan kaki tetap kering selama musim hujan. Mengingat kelembapan menghasilkan lebih banyak keringat di tangan dan kaki, selalu cuci dan keringkan tangan dan kaki untuk menghilangkan semua racun, kuman dan kotoran. Pada musim hujan, sebisa mungkin hindari memakai sepatu kulit tertutup dan memilih alas kaki terbuka atau bertali karena sepatu kulit tertutup dapat menyebabkan infeksi jamur. Sebaiknya gunakan bedak antijamur sebelum memakai kaus kaki dan sepatu untuk menghindari segala jenis infeksi kulit.

Baca Juga: Ikut Acara Offline BuddyKu Fest, Cara Jadi Content Creator Handal Zaman Now!

Baca Juga: Meet Eat Inspire, Hypernet Technologies Tawarkan Solusi PowerEdge Gen 15 Server

Follow Berita Okezone di Google News

3. Jangan pakai kuteks: Disarankan untuk libur dulu, tidak menggunakan cat kuku selama musim hujan dan membiarkan kuku bisa bernafas. Jika tidak dapat dihindari, pilihlah cat kuku yang bebas paraben, pilih juga penghapus cat kuku yang mengandung vitamin A, C, dan E esensial yang mengatasi masalah kuku dan kutikula.

4. Merendam kuku: Rendam tangan dan kaki dalam air hangat yang dicampur dengan garam dan sampo mild selama musim hujan. Cara ini untuk menghilangkan semua kuman dan kotoran dari kuku dan juga membunuh bakteri berbahaya. Merendam kuku juga membantu melembutkan kulit juga loh! Setelah direndam, jangan lupa dikeringkan sampai benar-benar kering ya!

 BACA JUGA:6 Rekomendasi Model Rambut Poni Wanita untuk Berani Tampil Beda, Makin Chic!

BACA JUGA:Benjolan di Wajah Tak Cuma Jerawat Loh Bisa Jadi Herpes, Yuk Kenali Bedanya

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini