Share

Bukan Salah Produknya, Ini 8 Kesalahan Paling Sering Dilakukan saat Keramas

Martin Bagya Kertiyasa, Okezone · Selasa 18 Oktober 2022 12:28 WIB
https: img.okezone.com content 2022 10 18 611 2689370 bukan-salah-produknya-ini-8-kesalahan-paling-sering-dilakukan-saat-keramas-DahMudAlB5.jpg Ilustrasi Keramas. (Foto: Shutterstock)

BANYAK orang terutama para perempuan, rela menghabiskan banyak uang untuk perawatan rambut mereka. Tapi, banyak juga yang merasa perawatan mereka hanya bertahan sebentar, kemudian rambut mulai bermasalah lagi.

Mungkin kita berpikir produk perawatan rambut yang digunakan kurang bagus. Eits, jangan buang dulu untuk beli produk perawatan rambut yang lebih mahal. Bisa jadi, hal ini ini terjadi karena kesalahan dalam mencuci rambut.

Kesalahan dalam mencuci rambut dapat menyebabkan masalah seperti hilangnya kilau rambut hingga kerontokan. Berikut ini adalah beberapa kesalahan yang sering dilakukan saat keramas, dilansir Boldsky.

Sering mencuci rambut

Sering mencuci rambut berbahaya bagi rambut Anda, sebab dapat menghilangkan minyak alami dari kulit kepala sehingga membuat rambut kering dan bisa menyebabkan rambut bercabang pada ujungnya. Jangan mencuci rambut setiap hari, berilah jarak sekitar dua hari.

Keramas

Sering ganti sampo

Sering berganti sampo akan membuat rambut Anda cepat rusak. Kecuali jika Anda baru mewarnai rambut, maka perlu beralih menggunakan sampo yang ideal untuk rambut diwarnai.

Hanya sekali keramas

Kebanyakan orang setelah keramas, bilas lalu selesai. Sebaiknya setelah keramas dan bilas, lakukan lah proses tersebut sekali lagi. Cuci rambut pertama hanya akan membersihkan lapisan atas debu dan kotoran. Cuci rambut kedua, akan membersihkan secara menyeluruh.

Tidak membilas rambut

Hal pertama yang dilakukan setelah membasahi rambut adalah segera menggunakan sampo. Berhentilah melakukan hal tersebut. Yang sebaiknya dilakukan adalah tunggulah hingga 30 detik setelah rambut dibasahi sebelum menerapkan sampo. Hal ini memungkinkan kotoran yang menumpuk pada rambut bisa dibersihkan dengan lebih baik.

Menggunakan air panas

Mandi dengan air panas memang bisa menghilangkan stres dan membuat rileks, tapi tidak pada rambut. Air panas akan menghilangkan minyak rambut sehingga menjadi kering dan dehidrasi. Pada akhirnya, rambut akan rentan terhadap kerusakan dan ujung menjadi bercabang.

Baca Juga: Ikut Acara Offline BuddyKu Fest, Cara Jadi Content Creator Handal Zaman Now!

Baca Juga: Meet Eat Inspire, Hypernet Technologies Tawarkan Solusi PowerEdge Gen 15 Server

Follow Berita Okezone di Google News

Melewatkan kondisioner

Kondisioner adalah langkah penting dan bagian akhir dari kegiatan mencuci rambut. Jika melewatkan langkah ini, maka Anda akan mengundang kerusakan rambut. Kondisioner bertugas untuk menghaluskan kutikula rambut. Setelah mencuci rambut, aplikasikan kondisioner dari tengah ke ujung rambut dan biarkan selama beberapa menit lalu bilas.

Menerapkan kondisioner pada kulit kepala

Meski kondisioner baik untuk rambut, bukan berarti akan bagus jika terkena kulit kepala. Zat kimia yang terkandung dalam kondisioner dapat menyebabkan rambut rontok jika terkena akar rambut. Selalu terapkan kondisioner dari tengah ke ujung rambut.

Terlalu keras saat mengeringkan

Setelah selesai dengan sampo dan kondisioner, saatnya untuk mengeringkan rambut. Jika Anda mengeringkan rambut dengan cara menggosoknya dengan kencang maka akan membuat rambut kusut dan mudah bercabang.

Yang seharusnya dilakukan adalah memeras rambut dengan lembut hingga sisa air habis. Lalu bungkus rambut dengan bahan kaus katun dan diamkan hingga mengering.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini