Share

Dokter Spesialis Kulit Ungkap Kandungan Skincare yang Ampuh Cegah Penuaan Dini

Martin Bagya Kertiyasa, Okezone · Selasa 18 Oktober 2022 19:01 WIB
https: img.okezone.com content 2022 10 18 612 2689715 dokter-spesialis-kulit-ungkap-kandungan-skincare-yang-ampuh-cegah-penuaan-dini-ubNCnJEU1o.jpg Ilustrasi Penuaan Dini. (Foto: Shutterstock)

PARA perempuan memang rela menghabiskan banyak biaya dan waktu untuk mendapatkan kulit yang dianggap sempurna. Tapi, terkadang perawatan yang dilakukan memang tidak sesuai dengan yang diinginkan.

Tidak heran, jika mereka tidak senang ketika disangka lebih tua dari usia aslinya. Sebaliknya, kaum hawa konon senang bila dipuji terlihat lebih jauh ebih muda dari sebenarnya.

"Usia biasanya ditebak dari wajah dan kulit. Kulit yang kusam dan keriput akan membuat seseorang tampak lebih tua dari usia sebenarnya," kata Dr. Eddy Karta SpKK, dokter spesialis kulit dan kelamin yang berpraktik di RS Cipto Mangunkusumo.

Perawatan Kulit

Dia mengemukakan faktor yang menyebabkan penuaan dini antara lain gaya hidup hingga faktor genetik. Faktor lain yang mempercepat penuaan dini adalah kebiasaan tidak sehat seperti merokok dan mengonsumsi kopi atau alkohol seacara berlebihan.

Faktor lingkungan seperti penggunaan penyejuk udara, polusi, perubahan iklim dan radiasi sinar matahari juga membuat orang rentan terhadap penuaan dini. Selain itu, penuaan juga disebabkan usia, genetik atau keturunan, serta kondisi fisik dan kesehatan.

Baca Juga: Aksi Nyata 50 Tahun Hidupkan Inspirasi, Indomie Fasilitasi Perbaikan Sekolah untuk Negeri

Follow Berita Okezone di Google News

"Penuaan dini itu ditandai dengan penipisan lapisan kulit epidermis dan dermis, mendatarnya batas kulit epidermis dan dermis, berkurangnya jumlah sel fibroblas di dermis, berkurangnya pembuluh darah dan berkurangnya kolagen dermis mulai dekade ketiga dan keempat (akibat produksi yang menurun dan perombakan yang meningkat matriks metaloproteinase)," jelas Eddy.

Untuk mencegah terjadinya penuaan dini, Eddy menyarankan para perempuan untuk menggunakan produk perawatan kulit dengan kandungan bahan-bahan yang bisa memperlambat timbulnya tanda-tanda penuaan.

"Bahan-bahan tersebut antara lain retinol yang akan masuk lebih dalam ke lapisan kulit sehingga membantu merangsang pertumbuhan sel-sel baru dan menstimulasi produksi kolagen," kata dr. Eddy.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini