Share

Kenapa Sih Pria Suka Berbohong kepada Perempuan saat PDKT?

Wiwie Heriyani, MNC Portal · Selasa 18 Oktober 2022 21:16 WIB
https: img.okezone.com content 2022 10 18 612 2689819 kenapa-sih-pria-suka-berbohong-kepada-perempuan-saat-pdkt-uhKNXo4enJ.JPG Ilustrasi (Foto: Freepik)

PERNAHKAH Anda mendengar pepatah yang menyebutkan, kalau pria lebih ‘jago’ berbohong daripada perempuan?

Anggapan terkenal di atas, memang tampaknya tidak sepenuhnya salah. Kebohongan pria seperti ini, salah satu contohnya dilakukan pria saat mendekati wanita incarannya. Berbohong, termasuk soal pencapaian dirinya menjadi salah satu jurus jitu bagi pria untuk melancarkan usaha pendekatan alias PDKT.

Dilihat dari sisi psikologis, diungkap Psikolog Ikhsan Bella Persada, M.Psi, kaum pria ternyata memang punya kecenderungan untuk berbicara ‘lebay’, aliassedikit melebih-lebihkan dari fakta aslinya, terutama jika sedang berhadapan dengan wanita.

“Tujuannya adalah untuk membuat lawan jenis atau pasangan kagum dan tertarik dengan dirinya,” ujar Ikhsan, dikutip dari laman Klikdokter, Selasa, (18/10/2022).

“Hal itu sangat biasa dilakukan oleh pria,” lanjutnya.

Ikhsan menuturkan, pria biasanya lebih sering berbohong tentang tindakan yang pernah dilakukannya. Nah, tipe kebohongan ini justru berbanding terbalik dengan kaum wanita, yang cenderung suka berbohong soal perasaannya.

Baca Juga: Aksi Nyata 50 Tahun Hidupkan Inspirasi, Indomie Fasilitasi Perbaikan Sekolah untuk Negeri

Follow Berita Okezone di Google News

Tujuannya untuk menjaga perasaan orang-orang di sekitarnya dan meraih keuntungan untuk dirinya sendiri sendiri. Jadi, menutupi atau berbohong memang sering dipilih kaum Adam pria untuk melindungi atau menguntungkan dirinya sendiri, membuat orang lain terkagum-kagum dan tertarik, serta tidak menyakiti perasaan orang sekitarnya.

Disebutkan lebih lanjut, umumnya pria yang memiliki ‘jam terbang’ tinggi cenderung mahir dalam merangkai dan merekayasa kata, akan memulai aksinya dengan cerita yang lebih sederhana dan tanpa gestur yang mencurigakan.

“Mereka akan terlihat jago apabila lawan bicaranya adalah orang yang polos, jarang berbohong dan tidak punya pengalaman pahit soal dibohongi,” terang Ikhsan.

Meski demikian, hal ini bukan berarti kaum Hawa sama sekali tidak bisa atau tidak pernah berbohong. Hanya saja, kalau dibandingkan pria, wanita cenderung tidak tega untuk berbohong.

Dilihat dari segi tingkat kemahiran, antara pria dan wanita sama saja karena yang membedakan hanyalah frekuensi atau intensitas berbohong pada pria yang lebih sering.

 BACA JUGA:40 Gombalan Maut yang Bikin Si Dia Baper, Dijamin PDKT Lancar


BACA JUGA:Pesan Malaikat Hari Ini, Selesaikan Permasalahan secara Bijak

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini