Share

Suka Gatal-Gatal Setelah Pakai Perhiasan, Jangan-Jangan Ada Kandungan Ini

Martin Bagya Kertiyasa, Okezone · Rabu 19 Oktober 2022 15:33 WIB
https: img.okezone.com content 2022 10 19 611 2690254 suka-gatal-gatal-setelah-pakai-perhiasan-jangan-jangan-ada-kandungan-ini-Cj4IS5cLaf.jpg Ilustrasi Tips Memakai Perhiasan. (Foto: Shutterstock)

PERHIASAN bukan lagi aksesoris tambahan ketika pergi ke pesta atau acara-acara besar. Kini, perhiasan memang digunakan untuk mendukung gaya hidup dan memperindah tampilan saat berbusana.

Tapi, tidak semua orang bisa menggunakan perhiasan. Pasalnya, perhiasan dengan bahan yang kurang tepat membuat kulit mengalami iritasi bahkan berakhir alergi bagi sebagian orang. Bagi yang mengutamakan kesehatan dalam bergaya menggunakan perhiasan artinya dibutuhkan ketelitian dalam memilih bahan dasar perhiasan.

“Sebagian besar zat berbahaya yang sering dijumpai pada perhiasan adalah nikel, yang diketahui dapat menyebabkan alergi atau iritasi pada kulit. Nikel ini diketahui juga bisa ada bahkan dengan emas berkarat tinggi sekalipun," ujar Direktur Kimfook Jewelry Karina Suryani Kusumah.

"Maka dari itu pilihlah perhiasan yang tidak mengandung nikel di dalamnya,” tambahnya.

Perhiasan

Tapi, agar lebih aman saat membeli perhiasan, Anda bisa melakukan pengetesan bahan perhiasan ke gerai- gerai besar yang menjual perhiasan. Dengan demikian Anda bisa mengetahui ada atau tidaknya bahan berbahaya pada perhiasan yang anda miliki dan anda bisa mengurangi potensi mengalami iritasi akibat bahan perhiasan.

Karena itu, bagi para pemilik kulit sensitif harus teliti memilih aksesori perhiasan yang tepat. Berikut adalah beberapa tips menggunakan perhiasan bagi pemilik kulit sensitif

Hindari pemakaian perhiasan bertumpuk

Memakai perhiasan bertumpuk bisa memicu adanya kelembapan di bawah kulit. Tidak hanya itu, perhiasan bertumpuk berpotensi menimbulkan gesekan yang membahayakan kulit karena bisa menyebabkan iritasi.

Sebaliknya, gunakan perhiasan dengan sewajarnya. Meskipun terkesan sederhana, penampilanmu akan tetap menawan jika dipadukan perhiasan yang tepat. Anda bisa mengombinasikan beberapa jenis perhiasan untuk melengkapi penampilan, seperti menggunakan cincin dan gelang untuk mempercantik pergelangan tangan.

Baca Juga: Aksi Nyata 50 Tahun Hidupkan Inspirasi, Indomie Fasilitasi Perbaikan Sekolah untuk Negeri

Follow Berita Okezone di Google News

Ketahui material yang digunakan

Banyak orang tergiur dengan harga perhiasan yang relatif murah tanpa memerhatikan material yang digunakan. Sebelum menggunakan perhiasan, Anda perlu mengetahui jenis material yang tidak cocok di kulitmu untuk menghindari reaksi kulit, seperti iritasi atau kemerahan.

Beberapa material yang aman di kulit seperti 925 sterling silver, 18k gold plated, stainless steel, enamel, moissanite stones, swarovski crystal, hingga freshwater pearl bisa Anda jadikan pilihan jika ingin menggunakan perhiasan dengan harga yang terjangkau tapi tetap terlihat memukau.

Pastikan tempat penyimpanan bersih

Selain material yang digunakan, Anda perlu memastikan tempat penyimpanan perhiasanmu bebas dari debu. Selain mencegah kulit iritasi, kotak perhiasan yang bersih dapat menjaga dan memperpanjang kualitas dari perhiasan tersebut.

Oleh karena itu, bersihkan tempat perhiasan dengan mencuci atau mengelapnya secara rutin. Tidak kalah penting, pastikan perhiasanmu sudah dalam keadaan bersih sebelum disimpan ke tempatnya. Lap dengan tisu berbahan lembut untuk membersihkan perhiasan setelah dipakai.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini