Share

Cara Mudah Bersihkan Perhiasan Perak Pakai Bahan-Bahan di Dapur

Martin Bagya Kertiyasa, Okezone · Rabu 19 Oktober 2022 16:33 WIB
https: img.okezone.com content 2022 10 19 611 2690286 cara-mudah-bersihkan-perhiasan-perak-pakai-bahan-bahan-di-dapur-pyzzJsM0re.jpg Ilustrasi Perhiasan Perak. (Foto: Shutterstock)

PERAK memang menjadi pilihan perhiasan banyak orang, apalagi para pria. Apalagi, dalam Islam melarang para pria memakai perhiasan emas. Dari dua hadits, bisa dijelaskan bahwa hukum laki-laki memakai emas dalam Islam adalah haram.

Tapi, salah satu masalah yang terjadi pada perhiasan perak adalah mudah kusam. Wijayanto, pengrajin sekaligus pembuat UMKM aksesoris perak asal Yogyakarta WK Collection, membagikan kiat mudah untuk para pemilik perhiasan perak dalam hal merawat dan menghilangkan kusam di aksesorisnya.

"Bahannya mudah, kita cuma membutuhkan baking soda, garam, potongan alumunium foil, dan air hangat," kata Wijayanto membagikan bahan- bahan untuk membuat perhiasan perak kusam bisa kembali cantik.

Perhiasan Perak

Setelah memiliki semua bahan yang disebutkan, langkah pertama yang harus dilakukan adalah memasukkan bahan- bahan berbentuk bubuk terlebih dahulu. Untuk pembersihan satu kalung atau satu- dua cincin perak, Anda cukup memasukkan setengah sendok teh baking soda dan setengah sendok teh garam ke sebuah wadah.

Setelah itu, masukkan potongan alumunium foil dengan takaran secukupnya ke dalam wadah tersebut. Potongan alumunium foil bisa berbentuk kotak 2x 2 cm sebanyak 3 buah, atau bisa sesuai selera pengguna.

Air hangat menjadi penutup dari cairan pembersih itu untuk membuat semua bahan- bahan menjadi aktif bekerja. Jangan terlalu banyak menuangkan air hangat, masukkan secukupnya dan buat cairan tersebut menjadi pekat.

Baca Juga: Ikut Acara Offline BuddyKu Fest, Cara Jadi Content Creator Handal Zaman Now!

Baca Juga: Meet Eat Inspire, Hypernet Technologies Tawarkan Solusi PowerEdge Gen 15 Server

Follow Berita Okezone di Google News

Proses pembersihan perhiasan perak pun bisa langsung dilakukan dengan memasukkan perhiasan ke dalam wadah berisi cairan pembersih sembari digoyang- goyangkan selama kurang lebih tiga menit.

"Proses pembersihannya tidak sampai 5 menit kok, setelah digoyang- goyang, perhiasan yang sudah dimasukkan bisa diambil da dicuci dengan sabun cuci piring. Dikeringkan dan setelah itu akan terlihat lebih bersih dan putih kembali," kata Wijayanto.

Ada pun beberapa perhiasan yang bisa dibersihkan dengan metode ini dapat berupa kalung, anting, dan cincin. Jika anda memiliki perhiasan perak yang kusam, kini anda bisa mencoba membersihkannya secara mandiri di rumah.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini