Share

6 Makanan dan Minuman yang Pantang Dimakan saat Batuk

Vivin Lizetha, Okezone · Kamis 20 Oktober 2022 15:09 WIB
https: img.okezone.com content 2022 10 20 298 2691064 6-makanan-dan-minuman-yang-pantang-dimakan-saat-batuk-HgS038h7LA.jpeg Makanan yang pantang dimakan saat batuk

MENDEKATI musim pancaroba, penyakit mulai bermunculan. Mulai dari demam, batuk, pilek dan berbagai jenis penyakit lainnya.

Makan adalah cara yang baik untuk membentuk kekebalan tubuh. Namun hati-hati dalam mengonsumsi beberapa makanan ini, terutama ketika batuk pilek.

Berikut Okezone merangkum makanan yang tidak boleh dimakan saat batuk pilek, dihimpun dari time of india, Kamis (20/10/2022).

1. Produk susu

Susu

Produksi lendir akan semakin banyak saat batuk pilek. Produk susu membuat produksi lendir semakin bertambah. Jadi hindari produk tersebut, seperti susu, yoghurt, keju, dan lain sebagainya.

2. Jus buah

Jus buah cenderung manis. Baik itu berasal dari buah itu sendiri atau tambahan gula. Yang jelas kadar gula membuat kapasitas sel darah putih menurun untuk mengatasi penyakit. Asam dalam jus juga dapat mengiritasi tenggorokan.

BACA JUGA : Heboh Obat Batuk Sebabkan Anak Meninggal, BPOM Pastikan Produk Tidak Ada di Indonesia

BACA JUGA : 6 Jenis Batuk yang Bisa Jadi Gejala Penyakit Jantung

3. Camilan goreng

Gorengan

Semua cemilan yang digoreng mengandung lemak yang tinggi. Lemak tinggi dapat menyebabkan peradangan semakin memburuk karena sistem kekebalan tubuh menjadi lemah.

4. Fastfood

Makanan cepat saji sudah dimodifikasi secara genetik. Hal ini membuanya tidak memiliki nilai gizi. Makanan ini lebih baik dihindari karena juga tidak membantu meningkatkan kekebalan tubuh. Malah membuat pencernaaan semakin lambat.

Baca Juga: Aksi Nyata 50 Tahun Hidupkan Inspirasi, Indomie Fasilitasi Perbaikan Sekolah untuk Negeri

Follow Berita Okezone di Google News

5. Kafein

Kopi

Kafein berbahaya dikonsumsi saat batuk. Karena memuat batuk semakin kering dan menyebabkan masalah pernapasan. Minuman yang biasanya mengandung kafein misalnya, kopi atau teh. 

6. Alkohol

Alkohol membuat tubuh menjadi dehidrasi. Tentu ini buruk untuk kekebalan tubuh. Karena pada saat batuk dan pilek tubuh membutuhkan banyak cairan tubuh.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini