Share

Punya Kolesterol Tinggi, 4 Buah Ini Aman untuk Anda Konsumsi

Kevi Laras, MNC Portal · Kamis 20 Oktober 2022 21:38 WIB
https: img.okezone.com content 2022 10 20 298 2691322 punya-kolesterol-tinggi-4-buah-ini-aman-untuk-anda-konsumsi-OXOUi9oZqd.jpg Buah yang aman dikonsumsi penderita kolesterol tinggi (Foto: Timesofindia)

BUKAN hanya diabetes, penderita kolesterol tinggi juga perlu memerhatikan pola makan mereka. Tidak semua makanan 'aman' untuk dikonsumsi, bahkan sekalipun itu buah-buahan.

Umumnya semua orang senang mengonsumsi buah, baik sebagai cemilan maupun menu diet. Namun, bagi penderita kolesterol tinggi perlu memilih buah-buahan yang aman untuk dikonsumsi. 

Berikut 4 buah aman dikonsumsi bagi penderita kolesterol tinggi yang dirangkum dari situs Timesofindia, Kamis (20/10/2022).

Alpukat

Alpukat

Buah yang berdaging lembut ini, jika rutin dikonsumsi membantu menurunkan kolesterol tinggi. Buah alpukat juga cocok untuk menu diet, kaya akan kandungan vitamin, mineral, dan senyawa yang bisa menghambat penyerapan kolesterol dalam tubuh.

"Diet sehat sangat penting untuk menurunkan tekanan darah dan mempertahankan tingkat optimal, dan penelitian telah menunjukkan bahwa termasuk makanan tinggi nutrisi tertentu seperti kalium dan magnesium, mengurangi tingkat tekanan darah," keterangan dalam Healthline, dikutip Jumat (9/9/2022)

BACA JUGA : 8 Gejala Ringan Kolesterol Tinggi, Salah Satunya Kelelahan Ekstrem

BACA JUGA : Daftar Minuman yang Menjadi Pantangan Penderita Kolesterol Tinggi

Jeruk

Buah yang dikenal secara umum berwarna orange ini, ternyata aman dikonsumsi oleh penderita kolesterol karena bisa menurunkan kolesterol tinggi.

Menurut livestrong, minum segelas jus jeruk yang diperkaya dengan sterol dan stanol (tanaman penurun kolesterol). Sementara Harvard Health, mengatakan bagi penderita kolesterol tinggi konsumsi 2 gram sterol dan stanol setiap hari dapat menurunkan kolesterol Anda.

Baca Juga: Aksi Nyata 50 Tahun Hidupkan Inspirasi, Indomie Fasilitasi Perbaikan Sekolah untuk Negeri

Follow Berita Okezone di Google News

Apel

Apel

Buah yang biasanya langsung dikunyah tanpa harus dipotong, juga memiliki manfaat menurunkan kolesterol. Sebab ada kandungan zat beta-glucan, memiliki peranan untuk mengontrol produksi kolesterol dalam darah.

Perlu diketahui, selain bisa dikonsumsi secara langsung, apel juga bisa dibuat cuka. Secara rutin mengonsumsi cuka apel menurunkan kolesterol jahat (LDL) dan meningkatkan kolesterol baik (HDL).

Beri

Buah yang satu ini mungkin banyak yang tidak tahu mampu aman dikonsumsi bagi penderita kolesterol tinggi dalam tubuh. Penelitian 2016 diterbitkan dalam Scientific Reports mengungkap konsumsi harian buah beri, jus berry, atau ekstrak berry menurunkan LDL hampir empat poin.

Beri juga tinggi serat, yang dapat membantu menurunkan gula darah, menurut Mayo Clinic. Meskipun rasanya manis, buah beri memiliki kandungan glikemik rendah, berarti mencerna dengan lambat dan tidak mempengaruhi gula darah terlalu kuat.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini