Share

Selain Jadi Lalapan, Begini Cara Turunkan Darah Tinggi dengan Timun

Muhammad Sukardi, Okezone · Jum'at 21 Oktober 2022 13:24 WIB
https: img.okezone.com content 2022 10 21 298 2691750 selain-jadi-lalapan-begini-cara-turunkan-darah-tinggi-dengan-timun-EPGCZqU08C.jpeg Cara turunkan darah tinggi dengan timun (Foto: Timesofindia)

HAMPIR semua sayuran memiliki manfaat, termasuk timun. Salah satu manfaat dari timun yakni membantu mengontrol tekanan darah tinggi. Nah, sudahkah Anda tahu cara menurunkan darah tinggi dengan timun?

Timun merupakan sayuran yang bisa dimakan mentah, menjadi lalapan dan mengandung banyak nutrisi. Ya, timun mengandung kalori dengan jumlah yang aman, rendah lemak, natrium, kalium, karbohidrat, serat, glukosa, protein, vitamin A, B12, B6, C, dan D, serta kalsium.

Jus Timun

Dengan begitu banyaknya nutrisi yang dikandung timun, tidak heran kalau sayuran ini bermanfaat bagi kesehatan, salah satunya menurunkan darah tinggi. Bahkan, timun bisa jadi solusi cepat ketika Anda dehidrasi karena kandungan air yang tinggi.

Lantas, bagaimana cara menurunkan darah tinggi dengan timun?

Dijelaskan dalam laman dr Health Benefits, konsumsi timun yang rutin ternyata terbukti secara ilmiah menurunkan darah tinggi atau hipertensi. "Konsumsi timun secara rutin mampu menstabilkan tekanan darah," terang laman kesehatan tersebut, dikutip MNC Portal, Jumat (21/10/2022).

BACA JUGA : 7 Makanan Penyebab Darah Tinggi, Mulai Batasi Konsumsinya

Dikatakan di sana bahwa Anda boleh mengonsumsi timun secara mentah atau diolah menjadi menu makanan atau minuman tertentu. Variasi dari mengolah timun diperlukan supaya Anda tidak bosan mengonsumsi sayuran ini.

Menariknya, timun dipercaya bisa meredakan gejala darah tinggi seperti sakit kepala. Jadi, ketika sakit kepala menyerang, yang dikaitkan dengan darah tinggi, Anda disarankan minum jus timun.

"Jus timun itu selain rasanya yang menyegarkan, juga dapat menghilangkan rasa sakit kepala yang Anda rasakan saat darah tinggi kambuh," terang laporan tersebut.

So, itulah manfaat dan bagaimana cara menurunkan darah tinggi dengan timun. Agar hasilnya lebih baik, disarankan sekali untuk berkonsultasi dengan dokter Anda.

Baca Juga: Ikut Acara Offline BuddyKu Fest, Cara Jadi Content Creator Handal Zaman Now!

Baca Juga: Meet Eat Inspire, Hypernet Technologies Tawarkan Solusi PowerEdge Gen 15 Server

Follow Berita Okezone di Google News

(hel)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini