Share

5 Makanan Pantangan untuk Dikonsumsi saat Batuk dan Pilek, Biar Cepat Sembuh!

Wulansari Listya, Okezone · Sabtu 22 Oktober 2022 17:30 WIB
https: img.okezone.com content 2022 10 22 298 2692475 5-makanan-pantangan-untuk-dikonsumsi-saat-batuk-dan-pilek-biar-cepat-sembuh-HwRFrVS2Vy.jpg Makanan pedas pantang dimakan saat batuk dan pilek (Foto: Vinmec)

MEMASUKI musim hujan, masyarakat menjadi rentan terhadap virus hingga dapat terserang batuk dan pilek. Hal ini dikarenakan perubahan suhu membuat tubuh mengeluarkan energi berlebih agar bisa beradaptasi dengan suhu dingin.

Daya tahan tubuh yang rendah dapat memperparah penyakit batuk dan pilek. Untuk mencapai kondisi yang prima, sebaiknya perhatikan makanan yang baik untuk dikonsumsi. Sebab asal memilih menu makanan berpotensi memperparah penyakit tersebut.

Penting untuk menghindari beberapa makanan agar kesehatan penderita cepat membaik. Tidak perlu khawatir, simak 5 makanan pantangan untuk penyakit batuk dan pilek yang dirangkum dari firstpost.com

1. Gula

Es Teh Manis

Kamu mungkin mendambakan teh manis atau sesuatu yang manis ketika sedang flu. Tetapi gula adalah salah satu makanan yang dapat memperburuk penyakit batuk dan pilek.

Berdasarkan penelitian yang diterbitkan dalam Frontiers in Immunology pada tahun 2017, peningkatan asupan gula dapat menekan sistem kekebalan tubuh, terutama saat melawan infeksi virus.

2. Alkohol

Menurut sebuah penelitian dalam jurnal Alkohol pada tahun 2007, mengkonsumsi alkohol dapat meningkatkan peradangan paru-paru dan bronkial. Alkohol juga dapat menekan sel darah putih dalam darah yang dibutuhkan untuk melawan dingin. Terlebih lagi, alkohol bisa membuat dehidrasi, padahal yang paling penting saat pilek adalah terhidrasi dengan baik.

3. Minuman kafein

Seperti yang disebutkan sebelumnya, tubuh Anda membutuhkan lebih banyak cairan untuk membuat Anda tetap terhidrasi saat Anda pilek. Kopi, teh dan minuman berkafein bertindak sebagai diuretik, yaitu meningkatkan pengeluaran air dan garam dari tubuh Anda. Jadi jelas, meminum tiga-empat cangkir cappuccino atau latte secara teratur bukanlah ide yang baik ketika Anda sedang pilek.

Baca Juga: Ikut Acara Offline BuddyKu Fest, Cara Jadi Content Creator Handal Zaman Now!

Baca Juga: Meet Eat Inspire, Hypernet Technologies Tawarkan Solusi PowerEdge Gen 15 Server

Follow Berita Okezone di Google News

4. Susu

Sebagian orang tahu untuk tidak minum susu dan produk susu saat pilek. Hal ini karena produk susu membuat dahak lebih banyak yang jelas akan memperburuk keadaan. Namun, penelitian telah menemukan bahwa alih-alih menghasilkan lebih banyak dahak di dalam tubuh, susu justru membuat lendir menjadi lebih kental dan sulit untuk dihilangkan. Bagaimanapun, yang terbaik adalah menghindari susu saat terkena penyakit pilek.

5. Makanan pedas

Makanan Pedas

Kamu pasti pernah mendengar bahwa mengkonsumsi makan pedas saat batuk dan pilek dapat membantuk mengencerkan lendir. Hal tersebut benar dan terlebih lagi, capsaicin dalam cabai juga memiliki efek desensitisasi yang membantu mengelola peradangan.

Namun, sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Critical Review in Food Science and Nutrition pada tahun 2016, mengungkapkan bahwa capsaicin juga merangsang produksi lebih banyak dahak. Makan pedas mungkin meredakan gejala selama beberapa menit, tetapi akan memperburuk keadaan dalam jangka panjang dan menunda pemulihan.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini