Share

8 Makanan yang Bantu Mengecilkan Perut Buncit

Wulansari Listya, Okezone · Rabu 26 Oktober 2022 12:00 WIB
https: img.okezone.com content 2022 10 26 298 2694768 8-makanan-yang-bantu-mengecilkan-perut-buncit-aRJIeRttz3.jpeg Makanan yang bantu untuk mengecilkan perut buncit (Foto: Eatthis)

MEMILIKI perut buncit terkadang bisa membuat penampilanmu kurang menarik sehingga mengurangi kepercayaan diri. Untuk mengatasi hal tersebut, kamu dapat mengonsumsi makanan yang membantu mengecilkan perut buncit.

Mengecilkan perut buncit dengan memilih jenis makanan yang tepat dan berolahraga adalah cara yang efektif untuk mengatasi hal tersebut. Hal ini dikarenakan perut yang membuncit sebagian besar terjadi karena mengonsumsi makanan yang membuat kembung dan lemak perut menumpuk.

Alangkah baiknya mengetahui beberapa macam makanan agar cepat mengatasi perut buncit. Berikut Okezone merangkum 8 makanan yang bantu mengecilkan perut buncit dilansir dari eatthis.com

1. Mentimun

Dengan kandungan 95 persen air, sayuran menyegarkan ini adalah salah satu cara untuk membuatmu terhidrasi dengan baik. Mentimun dapat membantu menyiram saluran pencernaan, meningkatkan aliran makanan yang mungkin menyebabkan sembelit, gas, dan kembung.

Selain itu mentimun juga memiliki kandungan quercetin flavonoid, yang dapat membantu mengurangi peradangan di seluruh sistem pencernaan Anda.

2. Nanas

Nanas

Nanas mengandung enzim bernama bromelain, yang dapat memecah protein dan membantu pencernaan. Buah rasa asam manis dan berair ini juga telah terbukti mengurangi kembung. Menurut penelitian dalam jurnal Clinical Immunology, nanas dapat mengurangi peradangan usus besar yang mungkin menyebabkan perut buncit.

3. Tomat

Jika anda mengonsumsi makanan yang membuatmu kembung, tambahkanlah tomat ke dalam menu untuk mengurangi kembung. Tomat mengandung likopen tingkat tinggi. Antioksidan itu telah terbukti memiliki berbagai macam efek anti-inflamasi dan menghilangkan kembung, menurut ulasan dalam jurnal Annual Review of Food Science and Technology .

4. Semangka

Kandungan air yang tinggi pada semangka, dapat membantu meminimalkan retensi air. Dikombinasikan dengan kandungan 170 miligram potasium yang didapat dalam secangkir semangka, maka perut akan kembali seperti biasa dalam waktu singkat. Semangka dapat membantu membuang natrium berlebih dari tubuh sehingga dapat mengurangi kembung.

Baca Juga: Ikut Acara Offline BuddyKu Fest, Cara Jadi Content Creator Handal Zaman Now!

Baca Juga: Meet Eat Inspire, Hypernet Technologies Tawarkan Solusi PowerEdge Gen 15 Server

Follow Berita Okezone di Google News

5. Pisang

Pisang dikenal sebagai salah satu makanan paling kaya kandungan kalium sebanyak 422 miligram per buah berukuran sedang. Dibandingkan dengan minum jus rasa pisang atau air sebelum makan, makan pisang sebelum makan mengurangi kembung dengan jumlah yang signifikan menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Anaerobe.

6. Alpukat

alpukat

Semua lemak sehat dalam alpukat dapat mencegah kembung yang menganggu kenyamananmu. Seperti pisang dan buah-buahan lain, potasium dalam alpukat ( 368 miligram per alpukat) juga dapat membantu tubuhmu mengeluarkan natrium. Kamu bisa sajikan alpukat dalam bentuk minuman jus atau langsung memakannya.

7. Jahe

Mungkin kamu pernah mendengar isu bahwa jahe dapat meredakan sakit perut ? Sementara kemasan jahe dalam bentuk olahan (menuman soda, permen, dan sejenisnya), dapat menghilangkan kualitasnya untuk meningkatkan kesehatan. Kamu dapat memarut jahe mentah untuk minuman hangat sehingga khasiatnya dapat meredakan perut buncit.

8. Seledri

Seledri adalah salah satu makanan terbaik untuk mengurangi kembung karena secara alami mengandung air yang tinggi. Tak hanya mentimun, seledri mengandung flavonoid (termasuk apigenin) yang telah terbukti menjadi anti-inflamasi, menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Molecular Nutrition & Food Research.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini