Share

8 Cara Atasi Rambut Lepek yang Ganggu Penampilan

Kiki Oktaliani, MNC Portal · Rabu 26 Oktober 2022 15:34 WIB
https: img.okezone.com content 2022 10 26 611 2694974 8-cara-atasi-rambut-lepek-yang-ganggu-penampilan-MF8PeQFjid.jpeg Cara Atasi Rambut lepek (Foto: Lovedbycurl)

SALAH satu permasalahan yang sering dialami wanita adaah rambut lepek. Tak hanya menggangu penampilan, masalah ini bisa menyebabkan rambut rusak dan rontok. Lantas, bagaimana cara mengatasi masalah rambut lepek?

Sebelum itu, kenali dulu penyebab dari rambut lepek. Rambut lepek dapat disebabkan oleh banyak hal, seperti menggunakan produk rambut yang salah, teknik styling yang buruk, bahkan hingga aktivitas yang terlalu berat sehingga tubuh memproduksi banyak keringat, sehingga membuat rambut menjadi lepek.

Rambut Lepek

Lakukan 8 cara di bawah ini untuk mengatasi rambut lepek, yang dilansir dari Loved bu Curls

1. Pangkas Rambut Anda

Rambut yang lebih panjang lebih berat, sehingga mudah untuk memiliki rambut yang terlihat lemas jika rambut Anda jatuh di bawah bahu Anda. Di sisi lain, rambut pendek cenderung terlihat lebih tebal.

2. Layering Rambut Anda

Rambut halus selalu bisa mendapatkan keuntungan dari ekstra layering. Memilih gaya rambut berlapis membantu menambah volume dan gerakan permanen.

Saat memotong rambut, mintalah penata rambut Anda untuk menambahkan beberapa lapisan berombak sehingga Anda dapat memiliki rambut yang sedikit lebih berayun.

BACA JUGA : Apakah Banyak Makan Mi Instan Berbahaya?

3. Cuci Rambut Anda Secara Teratur Dan Bilas Sampai Bersih

Jika rambut lemas Anda disebabkan oleh penumpukan, detoksifikasi rambut dapat membantu. Gunakan sampo dan kondisioner detoks untuk membersihkan rambut dan kulit kepala serta menghilangkan akumulasi kotoran, debu, dan minyak.

Pastikan untuk membilas sampo secara menyeluruh. Jika tidak, residu apa pun akan membuat rambut Anda terbebani.

BACA JUGA : Distribusi Obat Fomepizole untuk Gangguan Ginjal Akut, Kemenkes Prioritaskan ke RS Rujukan

4. Gunakan Produk Rambut Penambah Volume

Ada produk rambut yang dirancang khusus untuk menutrisi rambut Anda, termasuk sampo dan kondisioner penambah volume. Anda juga dapat menata rambut menggunakan semprotan volume untuk menciptakan ilusi rambut yang lebih penuh.

Baca Juga: Ikut Acara Offline BuddyKu Fest, Cara Jadi Content Creator Handal Zaman Now!

Baca Juga: Meet Eat Inspire, Hypernet Technologies Tawarkan Solusi PowerEdge Gen 15 Server

Follow Berita Okezone di Google News

5. Blow Dry Rambut Anda Sceara Terbalik

Mengeringkan rambut secara terbalik seperti menyisir rambut ke belakang, dan ini berhasil karena dapat merangsang akar rambut Anda.

Sebelum menyisir rambut ke belakang, keramas dan kondisikan terlebih dahulu. Saat rambut Anda masih lembap, keringkan saat rambut menjuntai ke depan.

Gunakan sapuan lembut untuk menyisir rambut ke arah penggantungannya. Seperti disebutkan, ini menggoda akar dan menambah volume di ubun-ubun kepala. Setelah rambut Anda kering, balikkan kembali ke tempatnya dan tata seperti biasa.

6. Ubah Gaya Rambut Anda

Mengenakan gaya rambut yang tepat membantu memberikan gaya rambut lemas yang dibutuhkannya. Misalnya, mengubah belahan rambut Anda menyebabkan rambut Anda rontok dengan cara yang berbeda. Ini merangsang akar Anda dan dapat memompa beberapa volume ke tatanan rambut Anda.

Gaya rambut lain yang cocok untuk rambut lepek adalah gaya rambut half-up. Simpul atas kecil menambah tinggi dan menciptakan volume instan.

Demikian pula, menggunakan rol di rambut Anda memberi Anda ikal goyang yang memiliki lebih banyak volume.

7. Gunakan Kondisioner Ringan Dan Sampo Kering

Seperti disebutkan, produk rambut dapat menambah bobot ekstra pada helai rambut, membuatnya terlihat lemas dan tidak bernyawa.

Dalam hal ini, Anda dapat memanfaatkan sampo kering yang menyerap minyak berlebih dan meningkatkan helai rambut Anda. Kondisioner ringan juga berfungsi untuk mengurai rambut lepek dan menambah volume tanpa menambah berat .

8. Terapkan Produk Rambut dengan Benar

Anda mungkin menggunakan produk yang tepat untuk tekstur rambut Anda, tetapi jika Anda mengoleskan kondisioner ke akar rambut, hal ini akan menyebabkan rambut menjadi lepek.

Idealnya, kondisioner rambut harus diterapkan dari batang tengah hingga ujung saja. Jangan khawatir tentang akar rambut Anda, karena mereka dikondisikan oleh minyak alami yang diproduksi oleh kelenjar di kulit kepala. Menerapkan kondisioner atau serum rambut ke akar hanya akan membebani helai rambut Anda.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini