Share

Potret Fuji Catwalk di JFW 2023, Pakai Busana Ramah Lingkungan Koleksi Rinda Salmun

Muhammad Sukardi, Okezone · Kamis 27 Oktober 2022 14:00 WIB
https: img.okezone.com content 2022 10 27 194 2695513 potret-fuji-catwalk-di-jfw-2023-pakai-busana-ramah-lingkungan-koleksi-rinda-salmun-Vn9uvxwkVP.jpg Fuji Catwalk di Jakarta Fashion Week 2023 (Foto: @fuji_an/Instagram)

FUJI terlihat berlenggok di runway JFW 2023, Rabu malam, 26 Oktober 2022. Kekasih Thoriq Halilintar tersebut jadi muse desainer Rinda Salmun.

Aksi Fuji di JFW 2023 awalnya tidak begitu disadari fashion people. Ini diduga karena jalan Fuji terlalu cepat dan riasan wajah yang dibuat sangat berbeda dari biasanya.

Sampai di tengah runway, saat lampu mulai menyorot wajahnya dengan tegas, baru sebagian besar tamu undangan sadar kalau itu adalah Fuji. Beberapa tepuk tangan dibunyikan seraya Fuji berlenggak-lenggok pertama kali di runway JFW 2023.

Fuji Catwalk di JFW 2023

Fuji mengaku nervous saat jadi muse di JFW 2023. Itu ia sampaikan di Instagram pribadinya. "Aku deg-degan banget, ini first time aku catwalk apalagi dilihat banyak orang, aku grogi banget takut salah," kata Fuji.

Berdasar pantauan MNC Portal langsung di lokasi acara, Fuji mengenakan koleksi two-piece casual look berwarna ash-navy dipadukan dengan coklat dengan tambahan semacam ornamen hitam ditempatkan di pinggang.

Fuji Catwalk di JFW 2023

Perlu diketahui, koleksi Rinda Salmun yang dikenakan Fuji, maupun 19 looks lainnya, bertajuk Voyage 2023 yang mengambil inspirasi dari Nautical Life.

Desainer Rinda Salmun menjelaskan, 90 persen koleksi ini menggunakan material ramah lingkungan, 10 persen sisanya diakui Rinda Salmun beli baru namun tetap berlandaskan sustainable fashion.

Fuji Catwalk di JFW 2023

Konsep busana ramah lingkungan menjadi identitas baru Rinda Salmun. Proses perubahan ini tak luput dari kondisi pandemi Covid-19 yang menghantam hampir semua orang, termasuk para desainer.

"Dua tahun kemarin menyadarkan aku bahwa banyak sekali fabric yang belum dipakai di gudang, membuat aku banyak berkreasi dengan mengolah kembali material lama menjadi produk baru, hingga membuat aku sadar pentingnya keberlanjutan," cerita Rinda Salmun, sebelum show dimulai.

Baca Juga: Aksi Nyata 50 Tahun Hidupkan Inspirasi, Indomie Fasilitasi Perbaikan Sekolah untuk Negeri

Follow Berita Okezone di Google News

Bahkan, proses kreatif semakin terbentuk dalam perubahan konsep ini. Salah satunya adalah penggunaan keramik bekas yang diolah kembali Rinda Salmun menjadi kancing di beberapa looks koleksinya.

"Aku sekarang kayaknya bisa disebut sebagai pemulung bahan. Aku suka minta ke temen-temen yang punya bahan gak kepakai lagi, sini kasih ke aku buat diolah lagi jadi item fashion baru. Aku gak malu sama sekali melakukan ini," katanya.

Fuji Catwalk di JFW 2023

"Hampir semua koleksi Rinda Salmun ini terbuat dari material bekas yang diolah kembali. Ini identitas baru Rinda Salmun dan diharapkan, lewat koleksi ini aku bisa mengedukasi masyarakat bahwa fashion berkelanjutan itu perlu diperhatikan dan bisa dilakukan oleh semua," tambah Rinda Salmun.

Selain Fuji, muse yang terlibat di show Rinda Salmun di JFW 2023 ada Nindy Ayunda dan juga kembar Valerie Krasnadewi dan Veronika Krasnadewi. Di koleksi ini, Rinda Salmun menghadirkan 20 looks sustainable fashion. Keren!

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini