Share

Banyak yang Terkecoh, Operasi Plastik Estetik dan Rekonstruksi Ternyata Beda!

Muhammad Sukardi, Okezone · Jum'at 28 Oktober 2022 21:00 WIB
https: img.okezone.com content 2022 10 28 611 2696411 banyak-yang-terkecoh-operasi-plastik-estetik-dan-rekonstruksi-ternyata-beda-b6QTWj2g0J.JPG operasi plastik, (Foto: Freepik)

MENDENGAR kata operasi plastik, yang terbayang di benak masyarakat awam adalah operasi bedah plastik untuk tujuan kecantikan saja. Misalnya, mengubah bentuk hidung, dagu, muka, mata, pipi, atau mengubah tampilan visual wajah secara menyeluruh.

Padahal tahukah Anda, dalam dunia operasi plastik, ada yang dikenal dengan bedah estetik dan bedah rekonstruksi. Kedua tindakan media tersebut punya makna dan tujuan yang berbeda loh!

Dituturkan Spesialis Bedah Plastik Rekonstruksi dan Estetik The Clinic Beautylosophy,  dr. Ade Sali Nauli Sitorus, SpBP-RE bedah plastik estetika dan rekonstruksi masing-masing punya karakter yang berbeda. Salah satunya contohnya dilihat dari tujuan dari bedahnya sendiri.

Bedah operasi plastik rekonstruksi, sesuai namanya tindakan ini dilakukan untuk memperbaiki kecacatan pada bagian tubuh pasien.

“Misalnya kelainan tubuh yang yang dialami sejak lahir seperti bibir sumbing, mau pun yang terbentuk akibat kecelakaan seperti luka bakar, luka diabetes, atau luka lainnya," papar dr. Ade dikutip dari siaran keterangan resminya, Jumat (28/10/2022).

 

(Foto: Dok.Istimewa)

Baca Juga: Ikut Acara Offline BuddyKu Fest, Cara Jadi Content Creator Handal Zaman Now!

Baca Juga: Meet Eat Inspire, Hypernet Technologies Tawarkan Solusi PowerEdge Gen 15 Server

Follow Berita Okezone di Google News

Mengingat target tujuannya untuk memperbaiki kecacatan, lanjut dr Ade Sali, tindakan bedah plastik rekonstruksi hanya dilakukan sesuai dengan anjuran medis. Berbeda dengan operasi bedah plastik estetik, tindakan medis umumnya bertujuan demi menunjang penampilan yang dianggap ideal. Maka dari itu bedah plastik estetik kerap disebut operasi kosmetik.

Dalam bedah estetik, ada beberapa istilah penamaan untuk tindakan operasi plastik yang dibagi dari bagian mana yang mendapat tindakan bedah.

Mulai dari bedah plastik pada wajah, ada nama-nama tindakan seperti facelift, rhinoplasty, mentoolasty, serta blep haroplasty upper dan lower. Lain lagi dengan bedah estetik di tubuh, ada istilah abdominoplasty, fat transfer, dan liposuction.

(Foto: Dok.Istimewa)

Kemudian bedah payudara yang memiliki istilah augmentation, mammoplasty, dan breast reduction. Tak hanya itu, dalam bedah estetik dikenal juga istilah protein rich plasma untuk mengatasi kerutan, tindakan peremajaan kulit, growing hair, dan lain-lain. Bahkan, tarik benang seperti filler dan botox itu masuk ke bedah estetik.

“Berbeda dengan operasi bedah plastik estetik, tindakan medis ini biasanya banyak dilakukan selebriti untuk menyempurnakan visual tampilan tubuh,” tandas dr. Ade

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini