Share

Hindari Anak dari Eksim, Segini Suhu Air Mandi yang Pas

Martin Bagya Kertiyasa, Okezone · Sabtu 29 Oktober 2022 11:34 WIB
https: img.okezone.com content 2022 10 28 612 2696633 hindari-anak-dari-eksim-segini-suhu-air-mandi-yang-pas-gVAeVej6Xq.jpg Ilustrasi Bayi Mandi. (Foto: Shutterstock)

KULIT bayi memang harus dirawat secara spesial, mulai dari asupan nutrisi, hingga kegiatan mandi. Pasalnya, kulit bayi sangat sensitif sehingga jika tidak dirawat dengan baik maka banyak penyakit kulit yang akan menyerang.

Dokter anak dr. Andreas, Sp.A. menjelaskan bahwa bayi memerlukan suhu yang tepat untuk mandi. Memandikan bayi dengan suhu air yang tepat mampu membantu merawat kulit anak dan bayi.

"Ruam, biang keringat, dan permasalahan kulit lainnya, seperti dermatitis, ruam popok, infeksi bakteri, dan infeksi jamur. Selain itu, bayi memang dianjurkan mandi menggunakan air hangat dengan suhu 36 - 37 derajat Celcius," kata dr. Andreas, Sp.A seperti dilansir dari Antara.

Bayi Mandi

Beberapa gejala eksim pada bayi, mulai dari kulit kering, ada ruam-ruam merah bersisik dan terasa gatal yang mana umumnya bisa berlangsung lama. Namun, gejalanya bisa mereda dan kambuh sewaktu-waktu.

Kebanyakan ibu masih ragu untuk memilih water heater baik listrik maupun gas karena faktor keamanannya. Namun demikian, penyediaan air hangat dengan memasak air panas dengan kompor pun tidak lepas dari bahaya, terutama permasalahan suhu yang tidak stabil dan perlu waktu yang lama.

"Selain air hangat, ketersediaan air bersih untuk pengalaman mandi bayi juga akan membantu merawat kulit bayi. Jika ada produk pemanas air yang mampu mencegah pertumbuhan pertumbuhan jamur dan bakteri, hal tersebut akan sangat baik untuk mendukung kesehatan kulit bayi," kata dr. Andreas, Sp.A.

Baca Juga: Ikut Acara Offline BuddyKu Fest, Cara Jadi Content Creator Handal Zaman Now!

Baca Juga: Meet Eat Inspire, Hypernet Technologies Tawarkan Solusi PowerEdge Gen 15 Server

Follow Berita Okezone di Google News

Nah, jika bayi Anda mengalami eksim, tidak perlu cemas berlebihan, Anda bisa melakukan beberapa perawatan untuk meringankan gejala eksim pada bayi, berikut ulasan singkatnya.

1. Pakai pelembab: Bayi juga ternyata memerlukan pelembab kulit, disarankan untuk pilih jenis pelembab hypoallergenic yang ringan, dengan pH seimbang, dan mengandung bahan organik, serta ceramide yang berguna untuk memperbaiki jaringan kulit sensitif bayi.

2. Jauhi faktor eksternal penyebab eksim: Mengingat eksim tak bisa sembuh dan kambuhan, cara terbaik adalah menghindarkan si kecil dari faktor pemicunya. Contohnya keringat, air liur, gesekan, bulu hewan, atau bahan kimia yang ada pada beberapa produk. Pastikan si kecil terhindar dari zat tersebut agar gejala tidak kambuh ya!

3. Pakai obat eksim khusus bayi: Usai bayi mandi, orang tua bisa mengoleskan tubuh anak dengan menggunakan krim atau salep eksim untuk bayi. Oleskan dalam tiga menit setelah keluar dari bak mandi untuk mempertahankan kelembapan kulitnya ya!

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini