Share

Mira Kirana Ajak Anak Muda Jawa Nyanyikan Lagu Berbahasa Jawa: Jangan Gengsi!

Muhammad Sukardi, Okezone · Sabtu 29 Oktober 2022 19:32 WIB
https: img.okezone.com content 2022 10 29 612 2697064 mira-kirana-ajak-anak-muda-jawa-nyanyikan-lagu-berbahasa-jawa-jangan-gengsi-VYM7Q9L3bm.png Podcast Aksi Nyata.

JUARA 1 The Next Didi Kempot, Mira Kirana, berharap sekali agar anak muda Jawa tidak malu untuk bernyanyi dalam bahasa Jawa. Menurutnya, itu salah satu cara melestarikan budaya yang ada di Indonesia.

"Aku mau titip pesan ke anak muda yang ada di Jawa agar teman-teman semua jangan malu nyanyi bahasa Jawa, karena masih banyak yang gengsi. Padahal, jangan gengsi apalagi malu, karena musik bahasa Jawa juga keren," kata Mira Kirana saat diwawancarai di Podcast Aksi Nyata Partai Perindo, Sabtu (29/10/2022).

Di kesempatan itu, Mira Kirana yang merupakan penyiar RDI coba memberi masukan kepada anak muda yang sudah tertarik dengan musik Jawa, seperti campursari atau sinden, agar terus semangat. Sebab, apa yang kalian lakukan adalah hal positif yang harus terus dikembangkan.

Mira Kirana

"Untuk anak muda yang suka kebudayaan Indonesia, khususnya Jawa, jangan pernah menyerah. Ingat, setiap ada niat baik pasti ada jalan. Tidak peduli kamu berasal dari mana, selama mau belajar pasti bisa," ungkapnya.

Mira Kirana menuturkan, jika menyanyikan lagu berbahasa Jawa dengan baik, maka bisa membuat seseorang merasa merinding. Apalagi, kebanyakan lagu berbahasa Jawa memang memiliki makna mendalam di baliknya.

"Aku percaya, saat si penyanyi mengeluarkan suara menggunakan rasa, lagunya akan ada rohnya, karena ada rasa yang dimasukkan ke dalam lagu tersebut," papar penyiar RDI tersebut.

Baca Juga: Aksi Nyata 50 Tahun Hidupkan Inspirasi, Indomie Fasilitasi Perbaikan Sekolah untuk Negeri

Follow Berita Okezone di Google News

Menurut Mira Kirana, kebudayaan Jawa bisa membawa kepada kesuksesan. Itu juga yang terjadi pada Soimah, misalnya. Jadi, kalau memang Anda sudah punya ketertarikan lebih pada musik Jawa, pertahankan.

"Apapun yang dikerjakan dengan hati dan sungguh-sungguh, akan membawa kebaikan. Aku pribadi, menjalani semuanya ini awalnya bukan mencari kesuksesan tetapi mencoba mensyukuri anugerah yang diberikan Tuhan untuk mengagungkan-Nya dengan cara aku belajar dan memaksimalkan potensi yang aku punya," tambah Mira Kirana.

Jadi, buat teman-teman di luar sana yang kini sedang belajar nyanyi Jawa atau bahasa lain, jangan berhenti. Apa yang kalian lakukan adalah hal yang luar biasa dan keren!

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini